Kebiasaan Selalu Memikirkan Hal Buruk Dapat Diatasi Dengan 4 Hal Ini

110

Medan, Kovermagz – Hal buruk terkadang tanpa sengaja datang menghantui pikiran kita. Kebiasaan buruk ini sebenarnya muncul secara natural yang menunjukkan bahwa kita sedang mencemaskan suatu hal.

Masa depan yang belum pasti, hari esok yang entah bagaimana terjadi, terkadang membuat kita banyak memikirkan hal-hal yang cenderung buruk, padahal belum tentu kekhawatiran kita itu terjadi.

Sadarlah bahwa semua orang di dunia pasti pernah kok melewati waktu-waktu yang berat dihidup mereka. Pikiran buruk sebenarnya adalah respon protektif dalam beberapa hal, karena ketika kamu sudah memiliki pikiran buruk, kamu tidak akan kecewa terhadap sesuatu, seperti dilansir dari fimela.com.

Sayangnya, tidak sesederhana memutuskan untuk berpikiran positif agar dapat menghilangkan kebiasaan berpikiran buruk. Namun, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk yang satu ini, berikut penjalasannya:

1. Gunakan Metakognisi

Metakognisi adalah kemampuan untuk mengontrol ranah fikiran kita. Metakognisi melibatkan kesadaran dan pemahaman pikiranmu sendiri. Dalam hal ini, berarti menangkap diri sendiri saat kamu sedang berpikiran buruk dan mengingatkan diri sendiri bahwa tidak semua pikiran tersebut benar atau akurat.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

2. Menguji Pikiran Sendiri

Kamu bisa menoba untuk menguji pikiranmu dengan ajukan pertanyaan ini pada diri sendiri, “Bukti apa yang aku miliki untuk mendukung pemikiran ini?”

3. Membuat Jurnal Pikiran

Buatlah jurnal pikiran maksudnya adalah membuat catatan tentang kapan pikiran buruk itu muncul dan apa yang kamu pikirkan saat itu. Pasti ada hal-hal yang bisa menjadi perenungan buat kamu.

4. Praktikkan Mindfulnees

Kamu bisa melakukannya dengan meditasi, yoga, menulis jurnal, atau sekedar berjalan-jalan di alam. Cari sesuatu yang mengalihkan fikiranmu dari hal-hal nengatif yang dapat mengganggu pikiran. Mindfulness akan membantumu melepaskan diri dari pikiran buruk yang tidak membantu.