6 Manfaat Berenang yang Wajib Anda Ketahui

84

Medan, Kovermagz – Tahukah kalian, bahwa olahraga berenang memiliki manfaat yang sangat besar yang wajib kalian ketahu. Olahraga air yang satu ini memang terlihat tidak memgeluarkan keringat, tetapi pengaruhnya untuk kesehatan jasmani jangan diragukan lagi.

Berikut 6 manfaat setelah berenang yang perlu kalian ketahui dikutip dari Kompas.com:

  1. Membakar kalori dalam tubuh

Jumlah kalori tubuh yang dibakar melalui olahraga renang memang tergantung pada berat badan masing-masing orang, durasi, frekuensi, intensitas, serta jenis gerakan renang yang dilakukan.

Sebagai contoh, orang dengan berat badan 83 kg yang berenang selama 30 menit dikatakan mampu membakar hingga 226 kilo kalori. Luar biasa, bukan?

2. Mengendalikan Stress

Berenang dapat membuat tubuh lebih rileks. Dengan ini, perasaan cemas dan stres pun bisa berkurang. Selama berenang, kita juga dapat mengalihkan pikiran dari masalah yang sedang dihadapi.

3. Mengurangi tingkat keparahan penyakit asma

Renang dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan membantu kita dalam mengendalikan sistem pernapasan. Manfaat renang bagi tubuh yang satu ini tentu baik bagi penderita asma.

Baca Juga:  India at the Centre of Fight Against COVID-19

4. Aman dilakukan saat sedang hamil

Bertambahnya berat badan selama masa kehamilan tak jarang membuat para ibu hamil sering merasa pegal dan nyeri pada bagian otot dan sendi. Jangankan jalan kaki, tidur pun rasanya sulit.

Untuk mengurangi keluhan tersebut, olahraga renang dapat menjadi pilihan yang baik agar ibu hamil tetap sehat.

5. Menurunkan tekanan darah dan mengendalikan kadar gula darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa renang dapat menurunkan tekanan darah dan membantu dalam mengendalikan kadar gula darah.

Bahkan orang yang berenang secara teratur dikatakan memiliki harapan hidup hingga 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang jarang bergerak.

6. Baik untuk Orang yang Cedera

Ketika berenang, air akan membantu dalam menopang beban tubuh. Dengan ini, sendi dan tulang pun tidak bekerja terlalu berat.

Misalnya saja bagi orang yang menderita radang sendi atau keseleo, renang termasuk salah satu pilihan olahraga terbaik yang tidak membebani sendi yang sakit atau otot dan ligamen yang cedera.

Editor: Vicky Siregar
Foto: Istimewa