Film “Ngeri-ngeri Sedap” Wakili Indonesia di Oscar 2023

133

‘Ngeri-Ngeri Sedap’ merupakan sebuah film yang bertema konflik keluarga batak. Film yang disutradarai oleh Bene Dion Rajagukguk ini merupakan debut film dari rumah produksi baru Imajinari. Film ini sudah meluncur di bioskop Indonesia 2 Juni 2022.

Setelah  film ini rilis reguler di bioskop, ada banyak respon positif di media sosial. Tak hanya itu Film “Ngeri-Ngeri Sedap” terpilih menjadi wakil Indonesia untuk bersaing pada ajang Piala Oscar ke 95 dalam kategori Film Fitur Internasional (Best International Feature Film).

Kompetisi yang diadakan oleh Academy of Motion Pictures Arts and Science ini akan diadakan pada 12 Maret 2023 mendatang. Motion Pictures Arts and Science sendiri setiap tahunnya memberikan penghargaan kepada film-film panjang yang diproduksi di luar Amerika Serikat. Sebagian dari film-film tersebut juga tidak menggunakan Bahasa Inggris.

Film “Ngeri-ngeri Sedap” Terpilih Mewakili Indonesia

Keberhasilan “Ngeri-Ngeri Sedap” menjadi wakil Indonesia dalam kompetisi ajang Piala Oscar yang ke-95 ini didasari oleh keputusan yang diambil oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022. Komite ini sendiri terdiri dari 9 orang tokoh perfilman berbagai bidang serta wartawan dan kritikus film. 9 orang yang tergabung di dalam komite ini diketuai oleh Deddy Mizwar, serta ada Zairin Zain sebagai sekretaris.

Menurut Deddy Mizwar selaku ketua Komite Seleksi Oscar 2022, terdapat berbagai persyaratan untuk bisa terpilih menjadi wakil Indonesia mengikuti kompetisi ajang Piala Oscar 2022.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Drama Korea Terbaru Desember 2022

Salah satu persyaratan yang wajib dimiliki film dalam kompetisi ajang Piala Oscar 2022 adalah durasi penayangannya. Kata lainnya bahwa film tersebut sudah pernah diputar di bioskop selama seminggu dan secara berturut-turut.

Komite Seleksi Oscar 2022 membutuhkan waktu satu bulan lamanya guna menentukan siapa yang layak mewakili Indonesia menurut pilihan komite.

Dalam penentuannya, komite mempertunjukkan secara khusus film-film yang sudah diseleksi secara khusus. Pemilihan dilakukan di studio XXI Plaza Senayan, mulai dari Senin (12/9/2022) pagi hingga petang.

Acara ini dilanjutkan dengan diskusi juri yang sayangnya hanya diikuti oleh 7 anggota. 2 anggota lain yang absen adalah Garin Nugroho dan Yadi Sugandi.

Ngeri Ngeri Sedap menjadi karya kedua Bene Dion setelah debut dengan Ghost Writer tahun 2019. Dalam film ini ia menggandeng banyak komika yang ditantang untuk akting dengan serius. Sebuah tantangan namun menjadi warna baru dalam perfilman Indonesia. ini sendiri sudah pamit dari layar lebar setelah berhasil meraup sekitar lebih dari  2,8 juta penonton.

Film “Ngeri-Ngeri Sedap” ini akan menjadi film bergenre komedi kedua dari Indonesia yang akan bersaing dalam kompetisi ajang Piala Oscar. Meskipun pada waktu sebelumnya ada film “Nagabonar” yang dibintangi oleh Deddy Mizwar dan Nurul Arifin.