Deretan Makanan Rendah Lemak Ini Bisa Atasi Keluhan Stress di Masa Pandemi Covid-19

185

Covid-19, memang banyak sekali membawa perubahan pada kebiasaan hidup kita. Mulai dari cara bekerja, bersosialisasi, hingga akhirnya sedikit demi sedikit mengubah kebiasaan hidup masyarakat.

Bekerja yang biasanya dilakukan dikantor, saat ini dilakukan dirumah. Sekolah-sekolah dan tempat belajar ditutup sampai waktu yang belum ditentukan.

Salah satu dampak yang dihasilkan karena adanya perubahan-perubahan tersebut adalah stress. Stress memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan modern.
Namun akibat adanya perubahan gaya hidup yang diakibatkan covid-19, tak jarang membuat orang merasa tertekan dan stress.

Mungkin kita membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi mengatasi pandemi global yang sekarang masih terus berlanjut. Selain berusaha agar selalu hidup sehat dan berfikir positif, ada beberapa tambahan makanan yang mungkin bisa anda masukkan ke dalam list konsumsi keluarga anda untuk menjaga kesehatan mental. Diantaranya adalah:

1. Gandum utuh

Gandum utuh dapat merangsang produksi serotonin, zat kimia yang membuat anda merasa lebih baik. Anda bisa mendapatkannya pada ubi jalar, dan juga beras merah. Selain bagus untuk tubuh, gandum utuh kaya akan serat.

2. Ikan berlemak

Kandungan lemak dalam ikan dapat membantu anda mengurangi stress. Lemak omega3 pada ikan dinilai mampu mengalahkan depresi. Lemak ini bisa di dapat pada tuna dan salmon.

3. Kacang dan biji-bijian

Kacang dan biji-bijian mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Anda bisa konsumsi kacang kenari dan almond yang kaya akan vitamin B. Magnesium yang terdapat pada kacang-kacangan dapat membantu atasi stress dan sakit kepala.

4. Buah dan sayuran

Anda bisa konsumsi jeruk dan buah berri untuk asupan vitamin C harian. Selain kaya akan vitamin C, buah tersebut dapat mengurangi stress dan depresi. Alpukat juga bisa dijadikan pilihan karena kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi kecemasan.

Penulis: Jehan Erwita

Fotografer: Berbagai Sumber