Daftar Bahan Alami Terbaik untuk Toner Wajah, Apa Sajakah Itu?

84

Sobat kover, tahukah anda bahwa membuat toner untuk skincare ternyata cukup mudah dan praktis loh. Cukup membuatnya dengan deretan bahan alami ini, anda sudah bisa membuat toner yang cukup aman di wajah dan berkualitas. Toner adalah salah satu rangkaian produk yang sangat umum dan merupakan perawatan paling mendasar alias basic skincare.

Melansir dari sumber terpercaya, Toner berperan dalam menghilangkan kotoran serta mengangkat sisa kotoran pada kulit wajah yang mungkin tertinggal saat mengaplikasikan pembersih. Toner juga berguna untuk menghidrasi kulit, serta membantu melembapkan kulit wajah. 

Biasanya toner tersebut berupa cairan transparan, tetapi ada pula yang berwarna terang, tergantung pada bahan aditif di dalamnya. Apalagi bila itu terbuat dari bahan alami. Nah lantas apa saja bahan alami terbaik untuk toner wajah tersebut? Kali ini kami akan merekomendasikannya yang terbaik. Simak selengkapnya di sini!

Aloe vera 

Lebih dikenal lidah buaya memang sudah bukan rahasia lagi jika kandungan di dalamnya berguna dalam merawat rambut. Selain itu, aloe vera juga bisa digunakan sebagai toner alami karena mengandung anti-inflamasi bagi kulit wajah. Bahan alami ini juga tidak hanya dijadikan sebagai bahan baku pembuatan produk skin care tetapi juga bisa dimanfaatkan langsung untuk membuat toner alami. Aloe vera yang dibuat menjadi toner seperti melembapkan kulit, menghaluskan kulit wajah, dan juga menangkal serangan radikal bebas yang membahayakan kulit wajah

Ekstrak Mentimun

Tidak hanya berguna untuk dijadikan masker, kandungan di dalamnya juga dapat dimanfaatkan sebagai toner loh sobat kover. Mentimun mengandung asam glikolat, asam laktat, dan juga asam salisilat yang baik untuk wajah. Ekstrak mentimun juga memiliki banyak manfaat bagi wajah bila dijadikan toner, di antaranya menyumbat pori-pori kulit agar tak memicu jerawat, membantu melembapkan kulit wajah, serta membantu mencegah penuaan dini.

Ekstrak Bunga Saffron

Salah satu bahan alami yang cocok untuk digunakan sebagai bahan toner alami adalah ekstrak bunga saffron. Bunga saffron sendiri mengandung crocin, berbagai vitamin yang berguna bagi kulit juga mengandung senyawa antiinflamasi. Penggunaan ekstrak bunga saffron untuk toner sangat berguna untuk kulit wajah yakni membantu mengeringkan jerawat, menyamarkan mata panda, mencerahkan kulit, melembutkan kulit, dan membantu menyembuhkan sel-sel kulit yang rusak.

Ekstrak Bunga Matahari (Sunflower)

Ekstrak bunga matahari memiliki manfaat bagi kecantikan. Hal ini disebabkan kandungan yang ada di dalamnya yang berupa vitamin A, C, Dan E, asam lemak, antibakteri, dan kandungan lain. Semua kandungan ini dapat bekerja secara optimal untuk mempercantik dan menyehatkan kulit wajah, terutama kalau kamu mengolahnya sebagi toner.

Selain itu, ekstrak bunga matahari juga memiliki kemampuan untuk menjaga kelembapan kulit dan menghidrasinya sepanjang hari. Menjadikannya sebagai toner juga dapat membantu melindungi kulit wajah dari jerawat.

Ekstrak Bunga Witch Hazel

Mungkin masih terdengar asing, namun siapa sangka jika ekstrak bunga witch hazel sudah banyak digunakan sebagai bahan kosmetik dan produk perawatan lainnya loh. Mengapa demikian? Hal ini lantaran di dalam bunga witch hazel terdapat tanin yang dipercaya mampu menjadi antioksidan dan dilengkapi sifat astringent yang berguna untuk kulit.

Kandungan ekstrak bunga witch hazel juga memiliki manfaat terutama jika digunakan sebagai toner alami, di antaranya membantu menghilangkan kotoran, minyak serta riasan wajah.

Ekstrak Buah Strawberry

Buah strawberry tidak hanya enak dikonsumsi karena rasanya yang segar dan kaya akan vitamin C, tetapi daunnya yang juga mengandung zat alami seperti asam salisilat, antioksidan, dan exfoliant bagi kulit wajah. Kandungan dalam daun strawberry tersebut juga berguna bagi kulit wajah terutama untuk digunakan sebagai bahan alami pembuatan toner. Ekstrak tersebut nantinya akan membantu mengangkat dan menghilangkan sel-sel kulit mati, dan dapat mengencangkan pori-pori wajah.

Rose Water (Air mawar)

Selanjutnya ada Rose Water alias air mawar. Bahan yang satu ini biasanya cukup populer untuk menjadi bahan campuran masker wajah. Tidak hanya menyegarkan kulit, di dalam air mawar sendiri juga terdapat berbagai kandungan yang baik untuk kulit wajah seperti, gliserin, antioksidan, anti bakteri, dan senyawa phenolic.

Penggunaan rose water sebagai toner juga akan membantumu dalam menghapus make up, membantu melembapkan kulit, mengurangi jerawat yang mengganggu, serta membantu meredakan peradangan pada kulit wajah.

Ekstrak Hibiscus

Hibiscus ekstrak atau eksrak dari bunga rosella ungu juga bisa anda manfaatkan sebagai toner wajah. Tampilannya yang indah ternyata juga memiliki kandungan baik seperti vitamin C, enzim, beta karoten, dan kandungan baik lainnya yang berguna untuk kulit wajah. Jika memanfaatkan ekstrak bunga rosella ungu maka manfaat sebagai toner wajah, ialah membantu membentuk kolagen alami dalam tubuh, mengeksfoliasi kulit, serta membantu melembapkan kulit wajah.

Ekstrak Rosemary

Daun rosemary biasanya dapat digunakan sebagai campuran masakan untuk menambah aroma makanan. Tapi lebih dari itu, ekstrak daun rosemary juga bisa digunakan sebagai toner alami untuk kulit wajah. Kandungan serat, protein, mineral, zat besi, vitamin, folat, sifat antioksidan, dan anti radangnya dapat berguna bagi kulit wajah, terutama jika dibuat menjadi toner. Manfaat lainnya, dapat membuat kulit wajah menjadi lembab, mengurangi kemerahan pada wajah, serta membantu mengangkat sel kulit mati.

Green Tea

Tahukah anda bila green tea juga bisa anda manfaatkan sebagai toner alami loh. Tidak hanya menjadi bahan minuman dan masker saja. Green tea mengandung antioksidan, asam amino, vitamin B, serta folat yang bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah.

Green tea mengandung antioksidan, asam amino, vitamin B, serta folat yang bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah. Selain itu, manfaat green tea juga dapat membantu membersihkan wajah sebelum menggunakan skincare, membantu mencegah munculnya jerawat, hingga dapat bekerja dengan efektif sebagai agen pencegah penuaan dini.

White Tea

Selain digunakan sebagai obat herbal, white tea (teh putih) bisa dimanfaatkan menjadi toner kulit wajah. White tea mengandung vitamin, nutrisi, serta senyawa catechin yang ampuh dalam membersihkan wajah. Aneka kandungan dalam white tea tersebut nantinya akan membantu kamu dalam membersihkan wajah, terutama jika kamu mengolahnya menjadi toner alami.

Toner alami dari white tea tersebut akan membantumu mengatasi jerawat, mencegah masuknya radikal bebas, dan meredakan ruam pada kulit wajah yang mengganggu penampilan.

Apple Cider Vinegar

Bukan rahasia lagi jika apple cider vinegar memiliki banyak manfaat, larutan cuka apel ini juga mengandung pektin, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, biotin, asam folat, dan vitamin C yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Larutan cuka atau apple cider vinegar tersebut bermanfaat untuk membantumu menjaga kesehatan kulit terutama wajah bila kamu olah sebagai toner alami.

Bahan alami ini dapat membantu mengatasi jerawat wajah, membantu mengangkat sel kulit mati, dan membantumu mengatasi hiperpigmentasi kulit. Jadi jika mengalami kulit belang akibat penggunaan produk kecantikan yang mengandung melanin berlebih, bahan alami ini akan sangat membantumu.

Cranberry Toner

Tidak hanya sebagai buah campuran makanan, cranberry juga memiliki zat alami yang berguna bagi kesehatan kulit wajah. Buah cranberry sendiri mengandung vitamin C, memiliki sifat anti bakteri, anti inflamasi, sekaligus antioksidan alami. Deretan kandungan cranberry tersebut nantinya akan berperan penting bagi kesehatan kulit wajahmu. Karenanya menjadikan bahan alami ini sebagai bagian dari formulasi toner wajah akan memberikan banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah.

Manfaat yang akan kamu dapat di antaranya, membantu menyembuhkan bekas jerawat, membantu mengunci pori-pori kulit, megencangkan kulit wajah, serta menjadi obat alami iritasi kulit.

Chammomile Ekstrak

Biasanya digunakan sebagai teh, Chammomile Ekstrak nyatanya juga dapat digunakan sebagai toner wajah alami. Dalam bunga chammomile terdapat senyawa utama seperti chamazulene, matricin, dan bisabolol yang bermanfaat untuk kulit wajahmu. Dari ketiga senyawa itulah nantinya ekstrak bunga chammomile itu akan membantu mu mengatasi kulit sensitif, mencegah bakteri penyebab jerawat, serta membantu mengurangi munculnya kerutan tanda penuaan di sekitar wajah.

Yarrow Ekstrak

Terakhir adalah yarrow ekstrak. Ia mengandung senyawa astringent. Selain itu, ada juga zat antioksidan yang berguna bagi wajah khususnya wajah berminyak. Karena kandungan itu, toner yang satu ini bermanfaat dalam menyeimbangkan produksi minyak berlebih, membantu mencegah peradangan kulit, serta membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu, Tak heran bila Yarrow Ekstrak cukup populer digunakan dalam produk-produk perawatan kecantikan. 

Nah, itulah daftar bahan alami terbaik untuk membuat toner. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi yah!


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353