Cara Mengaktifkan Fitur Background Blur Zoom Meeting di Hp dan Laptop

Kita tahu bahwa zoom meeting masih menjadi layanan video conferencing yang diminati banyak orang. Hal ini bukan tanpa sebab melainkan cara kerjanya yang mudah dan kaya akan beragam fitur. Salah satunya yang terbaru ialah adanya fitur background blur di Zoom Meeting tersebut. 

Namun, belum banyak yang tahu akan cara mengaktifkan fitur background blur di Zoom meeting tersebut. Padahal caranya cukup mudah digunakan. Dengan fitur ini, memungkinkan penggunanya untuk mengaburkan latar belakang saat melakukan rapat virtual. Kemudian membantu kita untuk menghilangkan distraksi peserta meeting lainnya agar lebih fokus pada pembicara. Dengan begitu, mereka tidak akan terganggu dengan apa yang ada di belakang kita. 

Fitur background blur bekerja dengan cara menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memisahkan objek utama (pengguna) dari latar belakang.

Manfaat Fitur Background Blur di Zoom

  1. Menjaga privasi sehingga dapat membantu menyembunyikan detail ruangan atau lingkungan sekitar pengguna, sehingga privasi mereka tetap terjaga.
  2. Meningkatkan fokus karena peserta meeting akan tertuju pada pembicara dan konten yang dibagikan, sehingga meningkatkan efektivitas meeting.
  3. Menyembunyikan gangguan bagi pengguna yang memiliki hewan peliharaan atau anak-anak yang aktif, Background Blur dapat membantu menyembunyikan aktivitas mereka agar tidak mengganggu jalannya meeting.

Cara Mengaktifkan Fitur Background Blur di Zoom Meeting

Sebelum mengaktifkan fitur background blur di Zoom Meeting, pastikan terlebih dahulu sudah mengupdatenya ke versi terbaru dari aplikasi Zoom meeting, baik untuk laptop/PC maupun smartphone agar bisa menggunakan fitur background blur tersebut. Selanjutnya, jika sudah ikuti panduan berikut ini, bagaimana cara mengaktifkan fitur background blur di Zoom meeting:

Di Laptop/PC Windows/Linux/macOS 

  • Masuk ke Zoom desktop client.
  • Klik gambar profil Anda, lalu klik ikon roda untuk masuk menu Pengaturan/Setting.
  • Pilih Latar Belakang dan Filter .
  • Catatan: Jika Anda tidak memiliki tab Latar Belakang Virtual dan Anda telah mengaktifkannya di portal web, keluar dari Zoom desktop client dan masuk lagi.
  • Klik opsi Buram. Latar belakang Anda akan terlihat buram di belakang Anda dan mengaburkan lingkungan Anda.

Di HP Android/iOS 

  • Masuk ke Zoom mobile app.
  • Saat dalam Zoom meeting, ketuk  Selengkapnya di kontrol.
  • Ketuk Latar Belakang Virtual (Android) atau Latar Belakang dan Filter (iOS).
  • Ketuk opsi Buram. Latar belakang Anda akan terlihat buram di belakang Anda dan mengaburkan lingkungan Anda.

Demikianlah cara mengaktifkan fitur background blur di Zoom meeting dengan mudah.  

Baca Juga:  Daftar Harga dan Cara Beli Tiket We The Fest 2024