Bosan PPKM di Rumah Aja, Tur Virtual Bisa Jadi Alternatif Liburan Yang Tertunda

45

Medan, KoverMagz – Pandemi Covid-19 sudah terjadi lebih dari satu tahun dan kerinduan untuk kembali melancong ke destinasi wisata sudah jelas terasa, terlebih bagi orang-orang yang sering bepergian (traveler). Pembatasan sosial yang kembali lagi dilakukan pemerintah, bukan hanya di ibukota saja, tapi juga beberapa daerah di luar Jawa dan Bali mengakibatkan sektor pariwisata yang semula sempat perlahan kembali membaik, surut lagi. Inovasi-inovasi pun mulai dilakukan agar sektor pariwisata bisa tetap bertahan ditengah pandemi yang mencekik ini. Tren Virtual Tour atau Virtual Traveling menjadi sebuah alternatif dari kendala yang dialami oleh sektor pariwisata, meski memang tidak sepenuhnya mampu mengembalikan geliat wisata. At least, we are hopeful

Bentuk Virtual Tour ini sendiri beragam, mulai dari yang berbentuk tur desa wisata dengan pemandu, tur dengan menggunakan kamera 360˚, tur dengan slide bergambar, video singkat, hingga kombinasi dari keseluruhan. Meski memang terlihat membosankan karena banyak hal yang tetap tidak bisa dilakukan dan dirasakan secara langsung, namun biasanya beberapa Virtual Tour ini memanfaatkan pemandunya untuk menarik minat wisatawan dengan cara berinteraksi melalui video.

Tertarik merasakan sensasi Virtual Tour? Kover membagi beberapa tautan yang bisa digunakan untuk merasakan wisata dari rumah:

-  The Berlin Philharmonic     : www.digitalconcerthall.com

-  Detroit Symphony Orchestra  : https://livefromorchestrahall.vhx.tv/browse

-  Museum Louvre               : https://www.louvre.fr/en/visites-en-ligne

-  San Diego Zoo               : https://kids.sandiegozoo.org/videos

-  Menara Eiffel               : https://artsandculture.google.com/partner/tour-eiffel

-  Taj Mahal India             : https://artsandculture.google.com/entity/taj-mahal/m0l8cb

 Tidak hanya Virtual Tour dari mancanegara, Virtual Tour untuk para wisatawan yang merindukan pariwisata lokal juga tersedia di beberapa link berikut ini:

-  Monumen Nasional   : https://artsandculture.google.com/entity/national-monument/m03q7hs

-   Museum Basuki Abdullah    : http://museumbasoekiabdullah.or.id/

-   Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran        : https://artsandculture.google.com/partner/sangiran-early-man-museum?hl=id

-  Balai Konservasi Borobudur  : http://borobudurvirtual.id/

-  Agung Rai Museum of Art    : https://artsandculture.google.com/partner/arma-museum

-  Museum Benteng Vredeburg : http://vredeburg.id/

-  Museum Kebangkitan Nasional  : http://muskitnas.net/

Harapannya, melalui Virtual Tour ini, kita yang sedang serba terbatas di masa pandemi ini bisa tetap menikmati wisata dan keindahan yang ada meski hanya di rumah saja. Karena bagaimana pun juga, di masa Pandemi Covid-19 ini sangat penting untuk tetap menjaga protokol kesehatan sesuai dengan anjuran yang telah disampaikan oleh pemerintah. Kelak keadaan segera membaik dan kita akan bisa berwisata lagi.

Penulis : Vira

Sumber : Berbagai sumber