Bobby Nasution Siap Bantu Keluarga Wartawan yang Terpapar Covid-19

6

MEDAN, KOVERMAGZ – Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menghadiri acara pemberian bantuan untuk komunitas wartawan dan pelaku pariwisata yang digelar Yayasan Surya Kebenaran Internasional di GBI Jalan Jamin Ginting, Jumat (10/9/2021).

Bobby Nasution juga menyerahkan langsung bantuan tersebut secara simbolis yang diterima oleh ketua masing-masing organisasi wartawan dan pelaku usaha pariwisata. Total sebanyak 575 wartawan yang mendapat bantuan berupa sembako.

Bobby bilang, peran wartawan dan media sangat penting dalam kemajuan setiap program yang dicanangkan Pemko Medan. Terlebih untuk menanggulangi Covid-19.

“Saya pribadi mau bantu seluruh masyarakat Kota Medan, tapi Pemko Medan punya keterbatasan, maka saya harapkan kolaborasi semua pihak agar bisa saling membantu. Terkhusus saat ini bantuan kepada rekan wartawan, rekan media semoga bisa bermanfaat untuk sekadar meringankan,” kata Bobby.

“Wartawan membantu kami dalam meneruskan informasi, utamanya untuk memutus mata rantai Covid. Bahkan wartawan sampai kena Covid-19, begitulah pengorbanan kawan-kawan wartawan. Jadi kami berterimakasih kepada wartawan dan media, peran kawan-kawan sangat vital dalam membantu informasi kepada masyarakat,” lanjut Menantu Presiden Jokowi itu.

Saat itu, Bobby Nasution mendengar penjelasan Ketua PWI Sumut H Hermansyah yang meminta agar pihak Yayasan Sinar Kebenaran Internasional agar memperhatikan pula keluarga wartawan yang terkena dampak Covid-19.

Bobby Nasution langsung menindaklanjuti permintaan tersebut. “Pak Herman minta bantuan itu sama kami saja, Pemko Medan siap membantu keluarga yang terkena Covid-19. Sampai saat ini programnya masih jalan, Alhamdulillah. Jika ada kepala keluarga yang harus dirawat, atau harus isolasi, maka kami yang menjamin makan minum keluarganya di rumah, makan tiga kali sehari diantar ke rumah langsung. Obat-obatan, vitamin juga kita berikan. Nah kalau ada keluarga wartawan yang domisili Medan terpapar, kita tentu siap membantu,” papar suami Kahiyang Ayu itu sembari menjelaskan kasus Covid-19 di Kota Medan terus menurun dan tak lagi zona merah.

Pembina Yayasan Surya Kebenaran Internasional RE Nainggolan yang turut hadir pada kesempatan itu menjelaskan, banyak pihak yang merasakan dampak Pandemo Covid-19, termasuk komunitas wartawan. Maka itu, berdasarkan asas kemanusiaan, pihaknya ingin meringankan beban keluarga besar wartawan terkhusus di Kota Medan.

Bapak RE Nainggolan: Pembina Yayasan Surya Kebenaran Internasional

“Kami memahami banyak pihak terdampak pandemi, maka dengan kerjasama yang baik selama ini, perlu kami memberikan bantuan untuk meringankan beban keluar kawan-kawan wartawan. Kami sangat apresiasi peran wartawan dan media dalam kondisi seperti ini yang terus memberikan informasi,” kata RE Nainggolan.

Sementara Ketua PWI Sumut H Hermansyah mengatakan, ada beberapa wartawan yang terpapar Covid-19 akibat perannya dalam mencari informasi di lapangan.

“Kami sudah coba tekankan Prokes kepada wartawan, namun itu karena tuntutan profesi harus terus terjun ke lapangan hingga akhirnya ada yang terpapar dan dirawat. Tapi syukur angka kematian wartawan akibat Covid di Medan minim, tidak seperti di Jakarta yang cukup tinggi,” katanya.

Untuk program yang dijalankan Bobby Nasution sebagai wali kota H Hermansyah pun memuji.

“Kami melihat banyak terobosan yang dilakukan wali kota Medan, itu sebagai pendorong keyakinan kami bahwa Pemko Medan serius tangani Covid-19. Bahkan pak Wali sampai mendatangkan kapal, kami mendoakan dan mendukung seluruh program wali kota berhasil, terutama untuk turunkan angka Covid-19,” pungkasnya.

Adapun komunitas wartawan yang hadir pada kesempatan itu PWI Sumut, IWO Kota Medan, SMSI, AJI, PFI, IJTI, JMSI dan Persatuan Wartawan Pemko Medan.