Berbagai Lontaran Ungkapan Kasih Sayang Untuk Orang Terkasih

28

Hari raya ini diasosiasikan oleh para pencinta yang saling bertukaran notisi-notisi dalam bentuk “valentines”. Mulai abad ke-19 tradisi penulisan notisi pernyataan cinta mengawali produksi kartu ucapan secara massal. The Greeting Card Association (Asosiasi Kartu Ucapan AS) memperkirakan bahwa di seluruh dunia sekitar satu miliar kartu valentine dikirimkan per tahun. Hal ini membuat hari raya ini merupakan hari raya terbesar kedua setelah Natal ketika kartu-kartu ucapan dikirimkan.

Hingga sampai sekarang sejumlah pasangan di seluruh dunia merayakan dengan bertukar hadiah dan saling berbagi kebahagiaan di hari yang selalu jatuh pada tanggal 14 Februari tersebut. Ketika Hari Valentine menjadi perayaan umum, gereja merayakannya sebagai penghormatan untuk Santa Valentine. Perayaan tersebut pertama kali dilakukan pada tahun 496 oleh Paus Gelasius I, yang menyebut Valentine sebagai, “yang namanya dihormati di antara manusia tapi yang tindakan kebajikannya hanya diketahui oleh Tuhan.”

Sejarah Hari Valentine

Santa Valentine diyakini adalah seorang martir dan meninggal lalu dikuburkan pada 14 Februari di pemakaman orang Roma di Via Flaminia, sebuah jalan pada zaman Roma Kuno. Legenda paling populer mengenai Valentine adalah bahwa ia adalah seorang pendeta Roma, yang ditahan karena melayani pasangan Kristen yang menikah, yang sebenarnya dilarang oleh Kaisar Claudius II pada abad ketiga Masehi, karena pria harus fokus pada militer, bukan keluarga.

Membantu orang Kristen adalah sebuah pelanggaran bagi Kaisar. Pada masa itu Kristen dianggap agama sesat di Roma. Valentine kemudian ditangkap dan dipenjara.

Legend claims St Valentine performed weddings in secret before being sentenced to death.

Saat Kaisar memanggilnya, dengan berani ia justru bersaksi dan menyuruh Kaisar bertobat. Valentine dihukum mati karenanya. Dia dirajam batu sebelum kepalanya dipenggal di luar gerbang Flaminia.

Berdasarkan kisah lainnya, ketika dalam penjara, Valentine jatuh cinta dengan putri sipir penjara dan mengirim surat pada tanggal 14 Februari sebagai ungkapan perasaannya dan ucapan perpisahan sebelum di eksekusi. Mengenakan mahkota bunga, tengkorak Santa Valentine diletakkan di Chiesa di Santa Maria di Cosmedin, Plaza Bosca de lla Verita, Roma. Para pasangan menganggap tempat tersebut sebgai situs suci yang mengisahkan keabadian dan pengorbanan cinta.

Zaman Era Modern

Karena cinta adalah sesuatu yang universal di zaman sekarang maka ucapan-ucapan kasih sayang pun tak hanya ditujukan pada pasangan atau kekasih tetapi juga buat orang tua, kawan maupun sahabat. Ucapan-ucapan ini dapat dikirimkan melalui media sosial atau melalui chat pribadi. Meski terkesan sederhana, melontarkan kata-kata ucapan Hari valentine dapat membuat orang terkasih merasa bahagia baik terdengar atau pun tertulis dalam bahasa indonesia bahkan dalam bahasa inggri seperti di bawah ini :

1. “Setiap hari adalah hari valentine saat aku bersamamu. Setiap hari jauh darimu menguji jiwaku. Satu-satunya harapan aku hari ini adalah agar kita bersama sampai akhir zaman. Selamat Hari Valentine, Cintaku.”

Baca Juga:  JW Marrioot Menggelar Pameran Pernikahan Tradisional Simfoni Asmara #2INSAN1NADA

2. Terima kasih sudah selalu ada kapanpun Aku membutuhkanmu. Biarkan Aku terus berusaha untuk hal yang sama, agar kita tetap bisa terus saling membantu. Selamat Hari Valentine, Sahabat terbaikku.

3. “Hal itu tidak pernah gagal. Kau tersenyum dan matahari terbit. Inilah mengapa aku datang kepada dirimu pada saat-saat suka dan duka. Kamu adalah satu orang yang luar biasa, dan aku sangat beruntung menjadi Valentine-mu selamanya.”

4. “Kamu membuat yang tak normal tampak normal dan yang normal tampak menyenangkan. Kamu benar-benar membuat segala sesuatu di sekitarmu lebih baik. inilah mengapa aku mencintaimu. Selamat Hari Valentine!”

5. Lebih baik Aku berada di kegelapan bersamamu, daripada harus berjalan dalam terang sendirian. Terimakasih Sahabat, 9 years and still counting!

6. “Hanya cinta dan kasih kalian yang bisa aku nikmati dari lahir hingga akhir.”

7. “Cinta adalah makhluk yang aneh. Itu hebat dan menginspirasi. Menyakitkan, namun sangat manis. Cinta adalah kamu, dan aku menjalani hidup kita bersama. Selamat Hari Valentine.”

8.Meski tidak harus bersatu, kita akan terus saling mendukung untuk terus berjalan kedepan. Seperti sepasang sayap yang saling melengkapi, terimakasih sahabat untuk selalu ada dan menemani. Selamat hari Kasih Sayang!

9.”Mama adalah malaikat terbaik ku dan Papa adalah pahlawan kebanggaan ku.”

10. “Diperlakukan dengan cara yang sama setiap hari, itulah pendapatku tentang Hari Valentine.”

11.”Happy valentine’s day my dear, my heart promises to love you every single day of my life.”

12.”Love is not about what you have but what you feel and my feeling choose you to stand beside me forever.”

3.”Keep your feet on the ground even your head on the clouds, happy valentine’s day my friend.”

4.”Nobody can change me, but there is someone who is able to be the reason for me to change, happy valentine’s day for him.”

5. Thanks besties, lets fly away and make some great story again! Happy Valentine Day!

6.”Apology is not enough, sometimes you have to really change. Happy valentine’s loved ones.”

7.”Dad, I hope you’re feeling really loved today. You are!”

8.”Without love, it’s dangerous, and without intelligence, love is not enough.”

9.”You are my soul, my life, and the whole reason of me in the world, Happy Valentine Dear!”

10.”As my Mom… as a friend… as a Valentine… you’re the best!”

 

Penulis : Annette Thresia Ginting