9 Peristiwa Bersejarah yang Terjadi pada 9 September di Seluruh Dunia

306

Penulis: Vicky Siregar
Foto: Dokumentasi

Ada yang menarik kali ini dalam kalender masehi, sebab hari ini tanggal 9 September 2019 mengingatkan kita akan kejadian-kejadian yang menarik dalam setiap massanya dari seluruh dunia. Bahkan beberapa bulan lalu, European Space Agency (ESA) memperkirakan asteroid 2006 QV89 akan melintasi dan diprediksi akan menabrak Bumi pada 9 September 2019.

ESA sendiri beberapa waktu lalu memang merilis daftar objek luar angkasa yang akan menabrak Bumi. Salah satunya adalah asteroid 2006 QV89 ini. Namun dari pengamatan terbaru yang dilakukan bulan lalu, prediksi awal yang menyebut 2006 QV89 bakal menabrak Bumi dipastikan tidak terjadi. Seperti dikutip dari BGR, Senin (2/9/2019), asteroid ini tidak akan menabrak Bumi hingga setidaknya untuk satu abad ke depan.

Nah, selain itu masih ada lagi kejadian-kejadian yang menarik di tanggal 9 September jika mengulik ke belakang, berikut Kovermagazine akan membagi 9 kejadian penting di tanggal 9 September di seluruh dunia dari berbagai sumber.

  1. Tahun 1499: Navigator Portugis Vasco da Gama kembali ke Lisbon pada akhir ekspedisi bersejarahnya yang membuka rute laut ke India melalui Tanjung Harapan.
Baca Juga:  GREYSIA POLII & APRIYANI RAHAYU BERIKAN MEDALI EMAS PERTAMA UNTUK INDONESIA

2. Tahun 1585 : Cardinal Richelieu, yang memerintah Perancis sebagai menteri utama Raja Louis XIII dari tahun 1624 sampai 1642; ia juga meletakkan dasar absolutisme kerajaan di Prancis dan keunggulan Prancis di Eropa

3. Tahun 1886 –Konvensi Bern tentang Perlindungan Karya Seni  dan sastra ditandatangani oleh sepuluh negara Eropa di Bern, Swiss. Konvensi Bern tentang Perlindungan Karya Seni dan Sastra, biasa disebut Konvensi Bern atau Konvensi Berne, merupakan persetujuan internasional mengenai hak cipta, pertama kali disetujui di Bern, Swisspada tahun 1886.

4. Tahun 1949: Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Indonesia ke-6 dan menjabat selama 2 periode, lahir di tanggal 9 September