8 Negara Penghasil Kurma Terbesar di Dunia

784
8 Negara Penghasil Kurma Terbesar di Dunia

Memiliki rasa yang manis dan legit, tak heran bila kurma menjadi salah satu buah yang kerap disantap oleh banyak orang utamanya kaum muslim. Apalagi, hidangan ini merupakan salah satu yang sangat dianjurkan bahkan termasuk Sunnah untuk menjadi takjil atau kudapan saat bulan ramadhan tiba maupun berbuka puasa.

Kendati begitu, buah yang satu ini tak bisa ditemui di seluruh penjuru dunia ataupun ditanam disembarang tempat dengan wilayah yang beriklim tropis seperti Indonesia maupun di wilayah dingin seperti di Swiss. 

Berdasarkan data Food & Agriculture Organization of United Nation (FAO), negara-negara dari Timur Tengahlah yang menjadi mayoritas produsen kurma terbesar di dunia. Hal ini dikarenakan buah kurma hanya dapat tumbuh subur apabila di wilayah tersebut memiliki tipe lahan yang kering dan tandus. Kurma juga telah dianggap sebagai salah satu buah khas dari timur tengah. 

Lantas negara timur mana sajakah yang termasuk penghasil kurma terbesar di dunia? Dalam artikel ini kami akan membahasnya untuk anda. Simak ulasannya! 

1. Mesir

Negara penghasil kurma terbesar di dunia yang pertama jatuh pada Mesir. Negara ini digadang-gadang menjadi penghasil kurma terbesar di dunia, bahkan mengungguli Arab Saudi. Berdasarkan data Food and Agriculture Organization (FAO) atau lembaga pangan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), di tahun 2018, Mesir tercatat memproduksi sekitar 1,5 juta ton kurma. Adapun jenis kurma Mesir yang kerap dijumpai adalah kurma Hayang dan Zaghloul. Mesir mengekspor 53 persen dari 3 persen kapasitas ekspornya ke Maroko. Kemudian disusul 24 persennya ke Indonesia dan Malaysia sekitar 15 persen. 

2. Arab Saudi

8 Negara Penghasil Kurma Terbesar di Dunia

Negeri para Nabi dan Rasul ini adalah penghasil kurma terbesar nomor dua di dunia setelah Mesir, dimana produksinya mencapai 1,3 juta ton dengan jenis kurma Ajwah, Al Khunaizi hingga Rotab yang paling umum. Menariknya, pada beberapa waktu yang lalu, pemerintah Indonesia pernah menerima hibah kurma sebanyak 100 ton yang berasal dari Raja Salman, Arab Saudi itu. Sedangkan, negara pengimpor kurma dari Saudi Arabia didominasi oleh negara Jordan sekitar 19 persen dan Yaman sekitar 17 persen serta Kuwait sebesar 15 persen.

3. Iran

Kurma asal Iran biasanya jenis kurma Mazafati. Iran menempati posisi ketiga sebagai negara penghasil kurma di dunia. Negara tersebut mampu memproduksi sekitar 1,2 juta ton kurma. Angka ini terus naik dari tahun ke tahun. Namun, ekspor kurma dari negara Iran ternyata lebih besar dibandingkan Mesir, meskipun masih terbilang kecil untuk total ekspor dunia. Iran mengekspor sekitar 7,7 persen dari total kurma yang dihasilkan ke berbagai negara. Paling banyak negara yang mengimpor kurma dari Iran adalah negara-negara di Asia. Negara pengimpor kurma dari Iran paling besar adalah India sebesar 16 peraen dan Malaysia sekitar 11 persen. Rusia juga ternyata mengimpor kurma dari Iran sebesar 9,9 persen.

4. Algeria

Kurma asal negara Algeria umumnya adalah jenis kurma Thoory, Deglet Noor, dan Iteema. Algeria berhasil memproduksi sekitar 1 juta ton kurma. Algeria mampu menghasilkan 1 juta ton kurma setiap tahunnya.

5. Irak

Negara serumpun Iran yang satu ini adalah penghasil jenis kurma Amir Hajj, Dayri dan Khastawi. Pada tahun 2018, Irak berhasil menghasilkan 615 ribu ton kurma. Sekitar 7,3 persen hasil kurma di ekspor ke negara-negara luar. Selain itu, Irak juga pernah menghasilkan 1 juta ton kurma dan memiliki 30 juta pohon kurma. Sebesar 79 persen diekspor ke India dan hanya sekitar 8,5 persen diekspor ke Mesir dan 3,7 persen lagi ke Maroko.

6. Sudan

Afrika Utara tampaknya menjadi ladang subur pohon kurma, dan Sudan sebagai salah satu negeri disana terkena berkahnya, dimana mereka mampu menghasilkan 440 ribu ton kurma dengan buah yang paling banyak adalah jenis Bireir dan Barkawi.

7. Pakistan

Negara lain yang dikenal sebagai penghasil kurma terbesar di dunia ialah Pakistan. Negara ini diketahui mampu menghasilkan sekitar 500.000 ton kurma setiap tahunnya. Pasalnya, Pakistan didominasi padang pasir, sehingga memiliki cukup banyak pohon kurma untuk memenuhi kebutuhan lokal dan juga ekspor ke negara luar. Berbagai jenis flora lainnya juga tumbuh subur di negara ini. 

8. Oman

Terakhir ada Oman. Kurma Fard adalah salah satu jenis kurma yang paling banyak ditemui di Oman. Dan negara di semenanjung Arab ini mampu memproduksi 370 ribu ton kurma.

 

Baca Juga:  Rekomendasi 10 Pantai Terbaik untuk Berselancar di Tanah Air

Itulah sederetan negara penghasil kurma terbesar di dunia. Bila anda mengunjungi negara-negara ini maka jangan heran melihat berbagai buah kurma yang ada di sana. Sebab, negara-negara timur tengah ini adalah rajanya buah kurma. Buah ini selain memiliki rasa yang manis juga cukup bermanfaat untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda ya!