5 Fakta Sosok Anita Jacoba Gah Anggota DPR yang Viral di Media Sosial

Nama anggota DPR RI Anita Jacoba Gah belakangan ini tengah menjadi sorotan. Hal bukan tanpa alasan, melainkan karena videonya yang viral di media sosial. Ya, pasalnya, di dalam video tersebut, Anita dengan tegas membentak Menteri Nadiem Makarim saat rapat bersama Komisi X DPR RI dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) berlangsung pada Kamis (6/6/2024).

Dalam rapat kerja yang membahas anggaran tersebut, anggota legislatif asal Nusa Tenggara Timur atau NTT itu meluapkan kemarahannya dengan menggebrak meja di hadapan Nadiem. Anita Jacoba Gah menilai, Nadiem tidak mendengarkan masukan dari DPR RI. Video kemarahannya pun sontak viral di media sosial. 

Banyak netizen memuji keberanian Anita saat mengkritik kinerja Kemendikbudristek. Selain itu, ada pula netizen yang bertanya-tanya tentang siapa sosok Anita Jacoba Gah. Melansir dari beberapa sumber terpercaya, Tim kovermagz akan membahas tentang fakta-fakta sosok anggota DPR tersebut. Simak selengkapnya di sini! 

Anggota Dewan daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur II

Anita Jacoba Gah adalah anggota Komisi X DPR RI dari fraksi Partai Demokrat. Melansir laman resmi DPR RI, Anita merupakan wakil daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur II. Perempuan 50 tahun ini menduduki kursi DPR RI di tiga periode, dari 2004-2009, 2009-2014, dan 2017-2019.

Pada periode 2014-2019, dia merupakan anggota PAW menggantikan Jefirstson Richset Riwu Kore yang maju sebagai calon wali kota Kupang. Di pemilihan legislatif (Pileg) 2024 ini, Anita mendapatkan suara terbanyak dan berhasil lolos kembali ke Senayan.

Lulusan sarjana Ekonomi

Anita merupakan lulusan Sarjana Ekonomi dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nasional Indonesia (STIENI) Jakarta. Ia menimba ilmu di STIENI Jakarta dari tahun 2005 sampai 2008. Sebelum melanjutkan studi di bidang ekonomi, Anita pernah berkuliah di Sekolah Tinggi Teologi (STT) Jakarta dari tahun 1994 sampai 1997. Ia diketahui mengambil D3 jurusan Musik Gereja.

Dari profil yang dibagikan di laman DPR RI, Anita merupakan lulusan SD 1 Negeri Bonipoi, Kupang, NTT. Ia lalu melanjutkan sekolah di SMP Negeri 1 Kupang sampai akhirnya pergi ke Jakarta untuk masuk ke SMA Negeri 46 Jakarta.

Pernah aktif di gerakan pemuda hingga dunia musik

Pengalaman kerja Anita cukup berbeda dengan latar belakang dunia politik yang digelutinya sekarang. Apalagi, Ia tercatat pernah bekerja sebagai pengajar Musik & Vokal di Sanggar Ananda Jakarta. Perempuan kelahiran 9 Maret 1974 ini juga pernah menjadi pengajar di Persekutuan Taruna dan Paduan Suara Wanita di OPIB Effatha. Ia juga aktif menjadi pengurus di Gerakan Pemuda di OPIB Effatha.

Sedangkan untuk riwayat organisasi, Anita diketahui menjadi sekretaris di Pengurus Ikatan Guru-Guru Seni Suara Indonesia, dan Ketua di Pengurus Karang Taruna Kelurahan Palsi Gunung Selatan, Cimanggis Depok-Kelapa Dua.

Pernah sosialisasikan 4 pilar kebangsaan di NTT

Sebagai anggota DPR RI, Anita juga cukup aktif turun ke lapangan. Pada November 2021 lalu, Ia pernah turun langsung ke Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto Kabupaten Kupang, NTT, untuk mensosialiasikan 4 pilar kebangsaan.

Anita menggelar sosialiasi ini dengan 150 masyarakat di gereja GMIT Kefas Raknamo. Demikian seperti dikutip dari laman Partat Demokrat. Dalam akun Instagram miliknya, Anita juga beberapa kali membagikan momen saat melakukan kunjungan kerja ke NTT.

Kekayaan Anita Jacoba Gah

Berdasarkan data di situs e-LHKPN KPK, total harta kekayaan Anita Jacoba Gah yang tercatat hingga 31 April 2020, dilaporkan hanya senilai Rp358.000.000. Adapun rinciannya, dia memiliki dua kendaraan bermotor, yaitu mobil Innova Venturer 2 Micro Tahun 2018 seharga Rp345.000.000 dan motor Yamaha 2 PV Tahun 2017 senilai Rp13.000.000. Menariknya lagi, Anita tercatat tak memiliki aset berupa tanah dan bangunan, harta bergerak lain, surat berharga, kas dan setara kas, harta lain, serta utang.

Baca Juga:  Profil Xaviera Putri yang Jadi Perbincangan di Clash of Champions