5 Cara Menghilangkan Iklan yang Mengganggu di HP Android

Munculnya iklan pada ponsel seringkali membuat pengguna Hp merasa tidak nyaman, terlebih lagi ketika sedang asik membaca informasi atau artikel di suatu situs. Bahkan, beberapa iklan, terutama yang berbasis video atau animasi, bisa memakan banyak sumber daya perangkat.

Selain itu, iklan yang muncul dalam bentuk video atau gambar beresolusi tinggi bisa menghabiskan banyak kuota internet. Bagi pengguna dengan kuota terbatas, ini bisa menjadi masalah besar karena mengurangi sisa kuota untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Iklan di ponsel Android muncul umumnya karena beberapa faktor, seperti konfigurasi sistem ponsel Android yang mengizinkan tampilan iklan atau pengaturan di peramban ponsel Android yang mengizinkan kemunculan iklan. Ada beberapa metode untuk menghapus iklan di ponsel Android, di antaranya adalah:

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada banyak aplikasi yang dirancang khusus untuk memblokir iklan di perangkat Android. Beberapa yang populer adalah:

  • AdGuard: Aplikasi ini bisa memblokir iklan di browser dan aplikasi lain.
  • AdBlock Plus: Aplikasi open-source ini juga efektif dalam memblokir iklan.

 

2. Menggunakan Browser dengan Ad Blocker

Beberapa browser memiliki fitur bawaan untuk memblokir iklan. Kamu bisa mencoba:

  • Brave Browser: Browser ini terkenal dengan fitur ad-blocking bawaan yang kuat.
  • Mozilla Firefox: Dengan menambahkan ekstensi seperti uBlock Origin, kamu bisa memblokir iklan dengan efektif.

 

3. Mengatur Pengaturan di Perangkat Android

Android memiliki beberapa pengaturan yang bisa membantu mengurangi iklan:

  • Nonaktifkan Izin Aplikasi: Buka Settings > Apps > pilih aplikasi yang sering menampilkan iklan > Permissions, lalu nonaktifkan izin yang tidak perlu.
  • Hapus Aplikasi yang Mencurigakan: Beberapa aplikasi mungkin membawa iklan. Hapus aplikasi yang tidak dikenal atau jarang digunakan.
Baca Juga:  5 Fakta Menarik Galaxy Ring, Cincin Pintar yang Dirilis Samsung

 

4. Pakai DNS untuk Memblokir Iklan di Android

Genhype bisa memblokir iklan di ponsel Android dengan cara yang praktis menggunakan fitur DNS (Domain Name System), tanpa perlu root. DNS berfungsi sebagai penghubung antara koneksi internet dan alamat web tujuan. Mirip dengan VPN, namun tidak mengubah alamat IP kamu. DNS juga bisa digunakan untuk membuka situs yang diblokir oleh ISP atau operator.

 

Kalian bisa gunakan layanan DNS dari Adguard untuk memblokir iklan dengan mudah. Adguard terkenal dengan ekstensi browsernya yang efektif memblokir iklan dan tidak menyimpan log riwayat browsing, sehingga privasi kamu tetap terjaga. Berikut caranya:

  • Buka Pengaturan > Jaringan di ponsel kamu.
  • Gunakan opsi pencarian di Pengaturan dan ketik “DNS”.
  • Masukkan alamat berikut pada kolom DNS Pribadi: dns.adguard.com.
  • Setelah disimpan, iklan di aplikasi seperti YouTube tidak akan muncul lagi. Kamu bisa cek pengaturan DNS lainnya di halaman Adguard DNS.

Meski DNS Adguard efektif, beberapa website mungkin masih menampilkan iklan karena menggunakan teknik anti ad-block. Namun, kebanyakan aplikasi Android, terutama yang menggunakan layanan iklan populer seperti Admob, iklannya akan terdeteksi dan diblokir.

 

5. Menggunakan Pengaturan Google

Google menyediakan beberapa opsi untuk mengurangi iklan yang dipersonalisasi:

  • Buka Settings > Google > Ads > aktifkan Opt out of Ads Personalization.
  • Reset Advertising ID untuk memulai dengan ID iklan baru.

Itulah beberapa langkah yang bisa sobat Kovermagz coba untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan iklan yang mengganggu di HP kamu. Semoga tips ini membantu!