4 Jersey Bola Termahal Sepanjang Sejarah

176

Dalam pertandingan sepakbola, jersey atau kostum menjadi bagian yang sangat penting bagi tim. Jersey adalah sarana yang paling jelas untuk mengidentifikasi tim. Setiap tim memiliki desain dan warna jersey yang unik, sehingga para pemain, wasit, dan penonton dapat dengan mudah membedakan tim yang sedang bertanding.

Jersey juga membantu mengidentifikasi pemain secara individu. Setiap pemain memiliki nomor punggung yang tercetak di jersey mereka, sehingga penonton dan ofisial pertandingan dapat mengenali pemain dengan mudah. Ini juga membantu penggemar untuk mendukung pemain favorit mereka.

Dikenakan oleh berbagai pemain legendaris, jersey menjadi incaran para kolektor dan penggemar. Meski  harganya yang semakin mahal dan sulit didapat mengingat banyak sekali penggemar lain yang juga ingin memilikinya. Namun, semua kesulitan tersebut akan terbayarkan dengan kebahagiaan pribadi yang didapat setelah memiliki potongan-potongan dari sejarah sepak bola.

Setelah lama disimpan oleh para kolektor, 4 jersey ini berhasil dijual dengan harga yang sangat tinggi, dan beberapa kali memegang rekor sebagai jersey termahal yang pernah dijual, Untuk itu, simak 4 jersey bola termahal di tahun 2024 berserta sejarah menarik dibaliknya!

1. Jersey “Tangan Tuhan” Maradona 1986

Jersey Timnas Argentina yang digunakkan oleh Diego Maradona dalam pertandingan Piala Dunia 1986 masing memegang rekor jersey termahal yang pernah dijual pada 2022. Alasan mengapa barang ini begitu mahal terletak pada kontroversi yang melingkupinya.

Pada pertandingan final melawan Inggris tersebut, Maradona mencetak gol dengan menggunakan tangan kirinya, dan berhasil melewati tangan kiper Inggris Peter Shilton. Tentu kejadian ini membuat para pemain Inggris sangat marah dan melaporkannya kepada para wasit. Setelah gol ini dianggap ilegal, Maradona akhirnya mengakui bahwa dia telah curang.

Julukan dari jersey ini datang dari ucapan sang legenda sepakbola yang menjelaskan bahwa gol tersebut “sedikit dengan kepala Maradona dan sedikit dengan tangan Tuhan”.

Melansir dari ESPN, Jersey “Tangan Tuhan” Maradona berhasil dijual dengan harga sebesar US$9,3 juta atau sekitar Rp150,9 miliar melalui balai lelang Sotheby’s London.

Baca Juga:  Army Merapat! Jimin BTS Akan Rilis Album Solo Kedua!

 

2. 6 Jersey Piala Dunia 2022 Milik Lionel Messi

Setelah memenangkan final Piala Dunia 2022 di Qatar bersama Timnas Argentina, Lionel Messi memutuskan untuk menjual 6 jersey yang digunakan selama kejuaraan dunia itu pada November 2023 lalu.  Melalui akun Instagram-nya, Messi menjelaskan bahwa sebagian dari hasil lelang tersebut akan disumbangkan ke Proyek UNICAS, untuk memenuhi kebutuhan anak-anak yang menderita penyakit langka. Proyek ini dipimpin oleh Rumah Sakit Anak Sant Joan de Déu (SJD) Barcelona. Setelah dilelang secara online oleh Sotheby’s, 6 jersey milik Lionel Messi berhasil dijual dengan harga US$7,8 juta atau sekitar Rp120,8 miliar.

 

3. Jersey Pelé pada Final Piala Dunia 1970  

Jersey yang digunakan oleh Pelé pada final Piala Dunia 1970 melawan Italia menjadi salah satu jersey termahal yang pernah dijual. Dalam pertandingan tersebut, Pelé berhasil mencetak gol pembuka. Membuat para pemain dari negara Pizza tersebut kewalahan dengan gaya bermain ginga miliknya.

Barang legendaris ini dijual dengan harga yang sangat tinggi mengingat signifikansinya kepada salah satu momen paling bersejarah bagi ikon sepakbola Brazil tersebut. Hingga kini, Pelé  tetap menjadi satu-satunya pemain dalam sejarah sepak bola yang  berhasil mengamankan tiga Piala Dunia, meski sudah tutup usia pada Desember 2022.

Melansir dari The Guardian, jersey yang digunakan Pelé pada Final Piala Dunia 1970 berhasil dilelang dengan harga US$196.000 dan sempat memegang rekor sebagai jersey termahal yang pernah dijual pada 2002.

 

4. Jersey Piala Dunia 1966 Milik Sir Geoff Hurst 

Jersey milik Sir Geoff Hurst yang digunakan pada Piala Dunia 1966 memiliki nilai yang sangat tinggi. Menjadi bukt satu-satunya gelar juara Dunia yang pernah diperoleh oleh Timnas Inggris.

Selama pertandingan berjalan, Sir Geoff Hurst berhasil membobol gawang Timnas Jerman Barat dengan sebuah hattrick. Melansir dari Sky Sports, jersey Piala Dunia 1966 milik Sir Geoff Hurst berhasil dijual melalui telpon, kepada pembeli anonim yang berasal dari London Barat dengan estimasi harga US$114.000.