10 Negara Paling Bersih di Dunia! Wajib Dikunjungi

223

Ada banyak pertimbangan yang dilakukan seseorang sebelum memutuskan kunjungan ke destinasi wisata. Kebersihan, kualitas udara, hingga keindahan alam umumnya menjadi salah satu pertimbangan traveller.

Hal tersebut membuat para peneliti di Universitas Yale dan Universitas Columbia berkolaborasi dengan World Economic Forum (WEF) untuk mengukur kebersihan dan ramah lingkungan dari 180 negara di seluruh dunia.

Terdapat sepuluh kategori yang dijadikan indikator yakni diantaranya kualitas udara, kualitas air, kondisi hutan, dan biodiversity. Semakin besar skor EPI yang didapat maka semakin bersih dan ramah lingkungan negara tersebut.

Hasil dari penelitian ini dapat membantu negara-negara untuk melihat dengan sekilas seberapa efektif kebijakan lingkungan mereka dan seberapa dekat mereka mencapai tujuan lingkungan mereka. Dari hasil penelitian, berikut beberapa negara terbersih di dunia tahun 2020, seperti yang dikutip dari World Population Review.

 

1. Denmark

Denmark secara dua periode pengukuran berhasil menduduki peringkat pertama sebagai negara paling bersih di dunia.

Skor EPI nya mencapai 77, 9. Nilai paling tinggi datang dari tingkat bebas polusi logam berat, bebas hujan asam, dan manajemen air.

 

2. Inggris

Berada di peringkat kedua, skor EPI terpaut tipis dengan Denmark yakni sebesar 77,7. Poin paling signifikan dari negara ini datang dari kategori manajemen sanitasi dan air minum, serta biodiversity.

 

3. Finlandia

Tak hanya menjadi negara paling bahagia di dunia, Finlandia juga berhasil menjadi peringkat 3 sebagai negara paling bersih.

Meraih skor EPI 76,5, kontribusi poin paling tinggi datang dari kategori manajemen sanitasi dan air minum dan tingkat bebas polusi logam berat.

4. Malta 

Negara kepulauan di Mediterania ini menjadi negara keempat paling bersih di dunia. Malta memiliki skor tinggi dalam aspek penilaian ekosistem, mitigasi perubahan iklim, mitigasi hujan asam, dan manajemen sanitasi dan air minum.

 

5. Swedia

Sebagai negara paling bersih kelima di dunia, Swedia memiliki tingkat kualitas udara bersih dan manajemen air yang bagus.

 

6. Luxembourg

Memiliki luas 2586 km2 persegi, Luxembourg merupakan salah satu negara terkecil di benua Eropa. Namun jangan salah, negara dengan pemerintahan monarki konstitusional ini juga adalah salah satu negara paling bersih di dunia.

Menduduki peringkat 6, Luxembourg meraih poin tinggi dalam aspek kualitas udara, manajemen sanitasi dan air minum, serta biodiversity.

 

7. Slovenia

Slovenia telah dikenal sebagai salah satu negara yang dengan keanekaragaman hayati yang tinggi. Maka tak heran bila negara ini berhasil meraih poin tinggi untuk aspek tersebut dalam perhitungan EPI.

Selain itu, Slovenia juga dipuji dalam hal manajemen air dan pertanian.

 

8. Austria

Selain sebagai salah satu destinasi liburan musim dingin paling populer, Austria juga merupakan negara kedelapan paling bersih di dunia.

Kualitas udara bersih, manajemen sanitasi dan air minum, serta pertanian membuatnya berhasil masuk 10 besar.

 

9. Swiss

Swiss telah lama dikenal dengan keindahan alamnya yang masih asri. Maka tak mengherankan bila negara ini menjadi salah satu negara paling bersih di dunia.

Meraih skor EPI 65,9 Swiss meraih poin tinggi dalam hal manajemen sanitasi dan air minum, kualitas udara bersih, dan bebas polusi logam.

 

10. Islandia

Dikenal dengan lanskap alam yang indah dan salah satu tempat terbaik untuk melihat aurora borealis, Islandia menjadi negara kesepuluh paling bersih di dunia.

Kualitas udara bersih, manajemen sampah, dan manajemen sanitasi dan air minum menjadi tiga aspek penyumbang poin tertinggi.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353