10 Komunitas Jalan-jalan di Indonesia, Tertarik Untuk Bergabung?

Bosan dengan solo traveling atau bersama dengan teman yang itu-itu saja? Jika iya, coba deh gabung ke dalam komunitas jalan-jalan yang ada di Indonesia. Selain asyik dan menyenangkan, komunitas jalan-jalan juga dapat memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan loh. 

Ditambah lagi, anda akan bertemu dengan orang-orang baru yang dapat menambah wawasan menjadi bertambah dan membuat jaringan pertemanan pun semakin meluas. Anda juga bahkan bisa berdiskusi, berbagi promo atau tips-tips menarik seputar destinasi wisata yang ada di Indonesia. Tak ada salahnya bila mencoba bergabung dengan komunitas-komunitas tersebut. 

Nah, lantas, apa saja ya komunitas jalan-jalan di Indonesia itu? Bila anda penasaran, kali ini kami akan membahasnya untuk anda. Simak ulasannya! 

1. Komunitas Liburan Murah 

Yang pertama ada yang namanya komunitas liburan murah. Komunitas ini telah didirikan sejak tahun 2009. Sesuai dengan namanya, komunitas ini berprinsip bagaimana caranya untuk jalan-jalan sehemat mungkin. Backpacking bagi komunitas ini hanyalah salah satu metode untuk berlibur dengan biaya minim. Alternatif lain yang ditawarkan Komunitas Liburan Murah adalah bertraveling bersama rombongan alias tur supaya bisa menghemat anggaran transportasi dan akomodasi. Cocok untuk sobat kover yang ingin bertraveling dengan budget yang murah meriah. 

2. Komunitas Historia Indonesia

Apakah sobat kover gemar dengan sejarah? Jika iya, maka komunitas historia Indonesia adalah pilihan yang tepat. Didirikan oleh Asep Kambali, Komunitas Historia Indonesia adalah organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap nilai sejarah yang hampir terabaikan.

Tak hanya mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Jakarta, komunitas jalan-jalan yang sudah berdiri sejak 2003 ini juga menyediakan berbagai program. Mulai dari Napak Tilas Proklamasi, Historical Race, hingga yang banyak diminati adalah Menginap di Museum! Komunitas ini sangat cocok bagi sobat kover yang ingin mengingat kembali perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 

3. Komunitas Wisata Mistis

10 Komunitas Jalan-jalan di Indonesia, Tertarik Untuk Bergabung?
10 Komunitas Jalan-jalan di Indonesia, Tertarik Untuk Bergabung?

Salah satu komunitas di Indonesia yang mengusung tema pariwisata Indonesia yang unik. Mengapa? Sebab, komunitas ini akan menjadi sarana edukasi untuk mengenalkan sejarah sebenarnya di balik mitos-mitos yang beredar di masyarakat. Bahkan, komunitas ini juga berkesempatan mengenalkan berbagai potensi pariwisata di setiap daerah di Indonesia, loh. 

Nantinya komunitas tersebut akan mengajak setiap anggotanya untuk bertualang meluruskan urban legend yang beredar di Indonesia. Bagaimana? Sangat menarik bukan? 

4. Backpacker Nusantara

Selanjutnya ada Backpacker Nusantara, komunitas jalan-jalan yang sudah punya lebih dari 80 ribu anggota. Sesuai dengan namanya, komunitas satu ini menjadi tempat kumpul orang-orang yang ingin berkeliling Indonesia sambil backpacker-an

Menariknya, komunitas ini juga aktif update lokasi wisata yang sedang naik daun. Sehingga, para anggotanya tidak akan ketinggalan informasi atau kudet. Selain itu, Backpacker Nusantara juga punya “saudara”, yaitu Komunitas Backpacker Internasional. Komunitas ini akan membagikan informasi terkait perjalanan ke luar negeri sambil backpacker-an. 

5. Backpacker Internasional

Seperti yang sudah dijelaskan, komunitas ini hampir serupa dengan komunitas Backpacker Dunia. Perbedaannya, dalam komunitas ini hanya boleh membagikan informasi, foto, atau tips tentang perjalanan ala backpacker ke luar negeri. Yang berarti perjalanan itu tidak menggunakan bantuan agen travel. Saat ini jumlah anggotanya pun sudah mencapai sekitar 188ribu.

Kelebihan komunitas ini, para anggotanya sangat welcome, aktif, dan rajin up to date promo tiket pesawat murah tujuan luar negeri. Selain itu, mereka akan dengan senang hati menjawab berbagai pertanyaan tentang destinasi luar negeri. 

6. Komunitas Pendaki Gunung Indonesia (KPGI)

10 Komunitas Jalan-jalan di Indonesia, Tertarik Untuk Bergabung?
10 Komunitas Jalan-jalan di Indonesia, Tertarik Untuk Bergabung?

Komunitas Pendaki Gunung Indonesia (KPGI) adalah tempat berkumpulnya para pecinta gunung atau pendaki gunung. Hal ini sebagaimana sesuai dengan misinya yaitu menyatukan mereka yang memang mencitai alam, petualangan dan mencintai Indonesia. Memasuki komunitas ini, anda akan menerima segala informasi seputar jalur pendakian di seluruh gunung Indonesia. KPGI nantinya akan memberikan informasi mengenai gunung yang bulannya baik untuk anda daki, atau gunung yang sedang kurang baik didaki karena cuaca dan sebagainya. KPGI juga kerap mengadakan open trip untuk pendakian dan tak segan-segan berbagi pengalaman seru saat mendaki gunung. 

7. Jakarta Good Guide

Komunitas jalan-jalan berikutnya yang bisa anda ikuti adalah Jakarta Good Guide. Sesuai dengan namanya, komunitas ini akan melayani wisatawan sepenuh hati untuk walking tours ke berbagai sudut kota di Jakarta. Komunitas ini bahkan menyediakan pemandu yang profesional dan berlisensi. 

Berdiri sejak September 2014, Jakarta Good Guide mengajak wisatawan untuk jalan kaki sepanjang 3-5 km, dan mengunjungi tempat-tempat menarik sambil menceritakan sejarah di balik tempat tersebut. Menariknya, komunitas jalan-jalan ini menerapkan konsep pay-as-you-wish. Artinya, setiap anggota dibebaskan memberi tip sesuai kemampuan dan kepuasan terhadap tur tersebut. 

Melansir dari laman Menparekraf, bila anda tertarik bergabung dengan komunitas Jakarta Good Guide, anda hanya perlu mengisi form pada laman blog resmi mereka. Apabila sudah  dikonfirmasi, barulah anda hanya perlu datang ke titik kumpul sesuai jadwal yang sudah ditentukan. 

8. CouchSurfing

Komunitas jalan-jalan di Indonesia yang tak kalah menarik adalah CouchSurfing. Komunitas global yang sudah memiliki sekitar 12 juta anggota ini, akan mempertemukan anda dengan wisatawan lain sehingga kegiatan jalan-jalan dan berlibur menjadi menyenangkan. 

CouchSurfing menjadi komunitas jalan-jalan yang mewujudkan keinginan liburan berkualitas dengan budget yang minim. Pasalnya, komunitas ini akan memberikan kesempatan menginap di tempat tinggal milik tuan rumah yang terdaftar. 

Tak sekadar hemat biaya penginapan, bergabung dalam komunitas CouchSurfing memberi kesempatan untuk menjalin relasi baru loh. Anda dapat berkesempatan bertemu dengan wisatawan dari berbagai daerah maupun negara lain yang tergabung di dalam komunitas ini. Sangat cocok bagi sobat kover yang ingin mengeksplore berbagai hal dan memiliki banyak teman! 

9. Komunitas Bismania

Berdiri sejak 2007, Bis Mania merupakan komunitas pecinta bis terbesar di Indonesia. Bergabung dengan komunitas ini, anda bisa bertraveling sambil menaiki bus. Diperkirakan, ada lebih dari 3.000 anggota yang tergabung dalam komunitas ini. Anggotanya tersebar di seluruh Indonesia. 

Anda bisa bertukar informasi tentang pergerakan dan jalur bus di Indonesia. Komunitas ini juga akan sangat membantu ketika akan mengunjungi tempat yang belum pernah anda datangi. 

10. Komunitas Fotografi National Geographic Traveler

Bila anda gemar bertravelling dan fotografi, maka national geographic traveler bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, pada situs resmi mereka yang diberi nama Fotokita.net, anda bisa berkenalan dengan fotografer-traveler lain di Indonesia. Anda juga bisa berbagi tips fotografi dan tips-tips umum yang menyangkut traveling. 

Selain itu, para anggotanya juga diberikan kesempatan untuk eksis melalui karya-karya fotografi bertema traveling. Jika beruntung, anda berkesempatan mendapat penghasilan tambahan apabila foto itu termuat ke situs tersebut dalam rentang satu hari.  Fotokita.net akan memilih dua foto terbaik setiap bulan dan foto-foto itu akan dimuat di majalah National Geographic Indonesia dan National Geographic Traveler.

Baca Juga:  Daftar Harga dan Cara Beli Tiket We The Fest 2024