Pahami Kelebihan dan Kekurangan Pada Bitcoin

80
Kelebihan dan Kekurangan Pada Bitcoin Yang Harus Diketahui!
Kelebihan dan Kekurangan Pada Bitcoin Yang Harus Diketahui!

Ada sejumlah kelebihan dan kekurangan pada bitcoin yang harus sobat kover ketahui jika ingin serius menjadikan bitcoin sebagai investasi masa kini. Apalagi setelah terdengar kabar bahwasanya bitcoin ada yang bersifat bodong alias penipuan. 

Kendati begitu, banyak kalangan yang tetap mengincar aset mata uang yang satu ini. Bisa dibilang, Bitcoin (BTC) menjadi salah satu aset Kripto yang paling populer dan sebagai instrumen investasi daripada jenis aset mata uang crypto lainnya.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan bitcoin tersebut? Dalam artikel ini, kami akan menjabarkannya untuk anda. Informasi ini kami kutip dari beberapa sumber terpercaya. Simak ulasannya! 

Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin

Serupa halnya dengan mata uang crypto lainnya, Bitcoin memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut ini kelebihan Bitcoin: 

1. Transaksi dilakukan secara pribadi dengan aman dan biaya yang kecil

Apabila memiliki Bitcoin, Anda bisa menggunakannya dengan fleksibel. Anda dapat menggunakan Bitcoin di mana saja dan kapan saja dengan biaya transaksi yang murah. Transaksi yang terjadi juga tidak menunjukkan identitas asli seperti nomor kredit atau sejenisnya yang sewaktu-waktu dapat di salahgunakan untuk kejahatan.

2. Berpotensi untuk terus tumbuh

Pengguna Bitcoin yang semakin meningkat akan berdampak positif terhadap pertumbuhan nilai dari mata uang ini. Jika penggunanya semakin banyak, tidak menutup kemungkinan nilai dari mata uang ini akan terus bertumbuh dan berlipat ganda. Untuk itulah, ini menjadi kelebihan bitcoin yang tidak dapat anda temukan pada jenis lainnya.

3. Tidak terpengaruh dengan sistem perbankan

Kelebihan Bitcoin lainnya yang dapat anda rasakan yaitu tidak terpengaruhi oleh sistem perbankan. Sehingga jika terjadi krisi keuangan maupun resesi, mata uang ini tidak mendapatkan pengaruh karena tidak di kendalikan oleh bank manapun.

4. Banyak yang menerima sebagai metode pembayaran

Mengutip dari Money Crasher, ratusan toko online telah menerima Bitcoin sebagai metode pembayaran. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pengguna Bitcoin dalam melakukan transaksi.

5. Memiliki Likuiditas yang lebih besar

Perlu anda ketahui, Bitcoin memiliki likuiditas yang lebih besar jika di bandingkan dengan mata uang kripto lainnya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mempertahankan nilai substansialnya saat mengkonversikan Bitcoin ke dalam mata uang fiat. Mata uang fiat adalah uang yang nilainya berasal dari regulasi atau hukum pemerintah.

Hal ini berbeda dengan mata uang kripto lainnya. Sebagian besar dari mata uang itu tidak dapat ditukar langsung dengan mata uang fiat. Bahkan, ada yang kehilangan nilai substansial pada saat anda menukarnya.

6. Transaksi internasional lebih mudah

Kelebihan terakhir yang dapat anda temukan pada bitcoin yaitu transaksi internasional menjadi lebih mudah. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, Bitcoin adalah salah satu mata uang kripto yang populer di dunia.

Dengan begitu, penggunanya dapat melakukan transaksi internasional dengan lebih mudah. Bahkan, dengan menggunakan Bitcoin tidak di perlukan birokrasi khusus. Melakukan transaksi internasional dengan menggunakan Bitcoin cenderung sama dengan transaksi di dalam negeri.

Baca Juga:  Mengenal Brand Sukkhacitta, Brand Lokal Berkelanjutan yang Berdayakan Ribuan Ibu Rumah Tangga