Mengenal Flipside: Fitur Baru Instagram yang Mirip Second Account dan Cara Menggunakannya!

129

Sobat kover, tahukah anda bahwa Instagram baru saja merilis sebuah fitur baru bernama Flipside loh. Fitur ini menjadi inovasi baru yang memanjakan para penggunanya. Apa itu? Dan bagaimana cara menggunakannya? 

Sudah Direncanakan Desember 2023 lalu

Sebenarnya, kedatangan fitur Flipside ini sudah diberitahu sejak Desember 2023 lalu. Namun, saat itu belum diungkap kapan fitur tersebut akan dirilis. Instagram sendiri mengungkapkan  bahwa fitur terbarunya ini bisa digunakan sebagai bentuk untuk menunjukkan sisi pengguna yang sebenarnya di media sosial tersebut.

Fitur ini muncul seiring dengan banyaknya second account yang sering dibuat oleh para pengguna Instagram. Melansir dari laman Tech Crunch, Flipside ini memungkinkan para pengguna untuk tidak perlu lagi membuat akun baru.

Tujuan Fitur Flipside Instagram

Para pengguna nantinya hanya perlu mengakses fitur tersebut melalui laman profilnya. Selanjutnya, Pengguna tinggal menggeser laman profil Instagram untuk bisa mengakses fitur Flipside di aplikasi Instagram dan di akun yang sama.

Menariknya lagi, pengguna juga bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat akun tersebut. Followers atau pengikut dari akun utama pengguna tidak akan masuk ke dalam akun Flipside dengan tanpa izin. Selain itu, ada juga opsi untuk ‘Menghapus Semua Orang’. 

Instagram menyebut bahwa fitur Flipside ini hadir untuk penggunanya yang ingin tampil lebih jujur dengan teman-teman yang menggunakan aplikasi media sosial ini. Pengguna bisa membuat profile picture, nama, dan bio tersendiri pada fitur tersebut. Berikut ini adalah cara menggunakan fitur Flipside di Instagram.

Bisa dibilang, Flipside mengakomodir kebutuhan pengguna Instagram yang punya kepribadian alternatif. Akun utama dibuka untuk umum dengan postingan yang lebih terkurasi. Namun, akun Flipside dibuat untuk orang-orang terdekat yang menampilkan konten lebih ‘jujur’.

Fitur ini juga akan berguna bagi Anda yang memanfaatkan akun utama untuk membagikan hobi spesifik. Misalnya, akun utama untuk membagikan karya visual, portofolio musik, atau sekadar konten travelling. Namun, di akun Flipside, Anda bisa membagikan konten-konten yang sifatnya lebih personal dan ditujukan bagi teman dan keluarga dekat.

Bagi akun-akun yang terpilih, Flipside muncul di menu Profil Instagram kalian dalam bentuk ikon ‘kunci’. Kunci ini berada di bagian bawah kanan Profil kalian. Jika ikon Flipside atau ‘kunci’ sudah muncul di bagian kanan bawah, maka kalian sudah bisa membuat akun alternatif di akun kalian.

Cara Beralih ke Flipside Instagram 

Berdasarkan pantauan kami, akun Flipside sudah bisa dijajal oleh sebagian pengguna di Indonesia. Namun, fitur ini sepertinya masih butuh waktu beberapa saat untuk hadir di semua akun pengguna, terutama yang menggunakan HP Android.

Adapun caranya yaitu: 

  • Buka Instagram terlebih dahulu, jangan lupa login dengan akunmu.
  • Di halaman beranda, masuk ke bagian profil di pojok kanan bawah.
  • Pada tampilan akun, temukan ikon kunci yang ada di bagian kanan bawah.
  • Seleksi teman dekat yang bisa melihat sisi profile pada fitur flipside.
  • Ketuk tombol yang bergambar kunci tersebut untuk masuk ke profil Flipside milikmu dan Flipside Instagram siap digunakan!

Cara Mengaktifkan Fitur Flipside Instagram

  • Tekan ikon ‘Kunci’ pada antarmuka profil Instagram.
  • Pilih ‘Add Friends’ untuk menambahkan akun teman/keluarga yang bisa melihat akun Flipside.
  • Tulis username dan lengkapi bio yang sesuai.
  • Kamu juga bisa klik ‘tambahkan dari profil utama’ untuk menyamakan dengan sisi depan profilmu.
  • Klik ‘Selesai’ untuk menyimpan pengaturan.  

Cara mengunggah konten di Flipside 

Bagaimana dengan cara menggunakan fitur Flipside Instagram untuk mengunggah konten? Tidak kalah mudah dengan mengunggah konten untuk halaman depan akun Instagrammu, kok. Begini langkahnya:

  • Masuk ke halaman akun Flipside milikmu Klik ikon ‘+’ di bagian kanan atas, samping tombol untuk edit profil.
  • Pilih jenis konten yang ingin di unggah. 
  • Ada ‘Kirim’ untuk mengunggah konten di Feed dalam bentuk gambar atau video, ‘Reel’ untuk mengunggah video panjang, ‘Cerita’ untuk membuat unggahan Story. 
  • Ikuti tahap mengunggah konten seperti biasa. Termasuk mengatur caption, menambahkan lagu, mengatur tag orang di Instagram dan lokasi, dan sebagainya sesuka hatimu.  
  • Setelah proses selesai, hasil unggahan akan ditampilkan di halaman profil Flipside-mu. 
Baca Juga:  Mengenal Legenda Pemain Sepak Bola Amerika dan Aktor O.J. Simpson Yang Tutup Usia di 76 Tahun

Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353