LIBURAN YANG FUN TAPI AMAN, IT’S POSSIBLE!

40

Liburan yang dinanti-nanti telah tiba. Sanak saudara dan sahabat yang berada dari luar kota sudah tiba di kota Anda. Atau, Anda dan keluarga mulai merasa liburan ini merayap mendekati tahun yang baru, tanpa melakukan aktifitas-aktifitas yang berarti. Yep, holiday is getting dull. Serba salah mungkin, Anda tidak merasa aman bepergian ke daerah-daerah yang ramai, tapi Anda juga mulai menghitung sisa hari off, sebelum kembali ke rutinitas kerja. Dengan banyak tradisi dan perayaan yang dibatalkan, liburan ini tidak harus suram. Lihat tips kami tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk menikmati sisa hari libur Anda, fun tapi cukup aman kok!

 

Tidur, Santai, Relaks

Ya, ini mungkin saat yang paling tepat untuk Anda menjelma menjadi kuda nil, bahasa kerennya sleep vacation. Agendanya tidak banyak, wake up late and take long hours of nap. Alasannya, dibanding tahun-tahun sebelum ini, Anda mungkin membutuhkan waktu istirahat yang lebih untuk kesehatan mental Anda sendiri. Covid-19 memaksa Anda untuk bekerja dari rumah, dimana ini membuat lebih sulit bagi Anda untuk menetapkan batasan antara waktu kerja dan pribadi. Hal ini dapat mengakibatkan jam kerja yang  lebih lama atau merasa Anda harus bekerja bahkan saat Anda tidak bekerja. Ditambah lagi, working from home mungkin malah menambah beban Anda, karena sambil bekerja, Anda juga harus mengurus urusan rumah, anak-anak, dan sebagainya. Karena pandemi, Anda mungkin juga merasa lebih cemas dan terkurung dari biasanya dan terputus dari banyak saluran emosi seperti hangout dengan teman-teman, dating, atau menghadiri pesta. Jadi liburan ini, Anda bisa fokus untuk tidur, makan, menonton serial di Netflix, dan sebagainya. Aman? Pasti.

 

Lakukan aktivitas baru di sekitar rumah.

Di dalam dunia terbatas Anda, dimana Anda dan keluarga merasa cukup aman dan nyaman di tengah-tengah pandemi, Anda bisa menambah keseruan dengan melakukan berbagai aktifitas yang selama ini belum pernah Anda lakukan bersama keluarga. Misalnya:

  • Camping di balkon atau di halaman rumah dengan keluarga
  • Beli berbagai permainan board games  dimana seluruh anggota keluarga bisa berpartisipasi. Anda juga bisa mengundang kerabat dekat untuk menambah keseruan.
  • Baca buku favorit lama atau tonton film favorit lama
  • Tonton konser yang disiarkan langsung atau direkam, supaya lebih fun, Anda kenakan t-shirt artist tersebut dan bernyanyi seolah-olah Anda berada di sana.

Hangout di luar rumah dengan aman

Jika Anda memilih untuk bersenang-senang keluar rumah, 3M (Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) adalah kewajiban agar anda aman dan terlindungi dari kemungkinan infeksi. Jadi jika Anda memutuskan untuk keluar rumah persiapkan hal-hal berikut ini:

  • Hand sanitizer: sekalipun di berbagai titik di mall ada hand-sanitizer, Anda wajib membawa milik Anda sendiri, dan menggunakannya sesering mungkin.
  • Edukasi anak-anak agar tidak sembarangan memegang pegangan tangan atau barang-barang apapun di mall
  • Cashless: sediakan kartu debit dan kredit Anda, minimasi transaksi dengan uang tunai.
  • Hindari tempat-tempat yang tidak ketat dengan protokol, ciri-cirinya cukup mudah terlihat: Kursi-kursi atau meja yang rapat dan tamu-tamu yang tidak menggunakan masker.

 

Baca Juga:  Kenapa Seprai di Hotel Selalu Berwarna Putih ?

Bepergian ke luar kota

Sepekan yang lalu, Satgas Penanganan COVID-19 melalui Juru Bicaranya Prof. Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat untuk berpikir dua kali sebelum bepergian antar-kota pada momen liburan ini, karena momen libur panjang  berpotensi memicu peningkatan kasus aktif COVID-19 di Indonesia. Namun, jika Anda dan keluarga sepakat untuk melakukan opsi ini, berikut adalah hal-hal yang penting Anda perhatikan untuk memastikan Anda dan keluarga cukup aman:

  • Road trip: ini adalah pilihan paling aman, karena tidak ada interaksi dengan orang lain selama perjalanan. Lain halnya, jika Anda traveling dengan pesawat, atau public transport lainnya. 
  • Sangat disarankan melakukan screening (pemeriksaan) COVID-19 sebelum berangkat dan sepulang bepergian, kemana pun Anda pergi.
  • Piknik ke tempat sepi: Anda bisa membawa peralatan mulai dari tikar, kursi, makanan, dan piknik ke tempat indah tanpa interaksi dengan orang asing.
  • Jangan bepergian apabila ada salah satu anggota keluarga yang turut bersama Anda, merasa tidak fit, atau sakit. 
  • Pastikan sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan sebelum bepergian ke daerah tujuan. Kunjungan ke Bali selama periode 19 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021, misalnya, pelaku perjalanan harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan seturut Surat Edaran Gubernur Bali No. 2021 Tahun 2020.

 

Beberapa peralatan ekstra yang berguna

Tidak wajib, tapi demi aman, beberapa peralatan ini kami rekomendasikan untuk turut menemani Anda pergi ke tempat-tempat tujuan, untuk meminimasi kemungkinan penularan Covid-19, ataupun terserang kuman lainnya yang bisa membuat anda sakit selama perjalanan.

  1. Disinfectant spray: pastikan Anda menyemprot ruangan hotel secara menyeluruh sebelum anggota keluarga masuk, juga kendaraan Anda setiap Anda akan berkendara dari tiap pemberhentian.
  2. Ozone air disinfection: datang dalam berbagai tipe, alat ini bisa Anda gunakan di dalam mobil atau di kamar hotel. Metode ini dinilai lebih aman jika dibandingkan dengan metode semprot yang menggunakan cairan kimia disinfektan.  Mengubah oksigen di udara menjadi molekul  O3 atau Ozone yang terbentuk ini bermanfaat sebagai disinfektan instant karena molekul Ozone memiliki sifat radikal bebas yang mampu mengoksidasi atau merusak sel-sel virus, bakteri, dan kuman dengan sangat cepat, sehingga semua permukaan yang sulit utnuk dibersihkan, apabila terkena molekul ozone akan steril.

 

 

3. UV air purifier atau UV sterilizer lamp juga efektif dan efisien. Banyak brand yang mengeluarkan alat sterilisasi, salah satu-nya Tissor Indoneia yang memperkenalkan Leka UVC Portable sterilizer yang mampu membunuh 99,9 persen bakteri, kuman dan virus tanpa kimia dan bau apapun.

Happy holiday!