Intip Cara Salam Diberbagai Negara, Ada yang Aneh dan Cukup Unik

44

Medan, Kovermagz – Setiap negara pasti mempunyai gaya atau ciri khas tersendiri dalam berkomunikasi dengan setiap orang. Di Indonesia khususnya, kita biasa berjabat dengan orang terlebih dahulu sekedar untuk menyapa sekaligus memberikan rasa hormat kepada orang yang kita temui.

Diberbagai belahan dunia ternyata berjabat tangan tidak selalu dijadikan cara bersalam. Terdapat banyak perbedaan disetiap negara, tergantung dengan budaya yang dianut negara tersebut. Dikutip dari IDN Times, berikut adalah beberapa cara salam berbagai negara, simak penjelasannya:

1. Jepang


Negara satu ini biasa memberikan salam dengan cara berjabat sambil membungkukkan badan dengan cara membungkuk. Cara ini dianggap cara yang sopan ketika bertemu lawan bicara.

2. India


Bagi masyarakat India, salam Namaste adalah salam yang sering mereka lakukan. Salam ini dilakukan dengan mengangkat tangan diatas dada dengan telapak tangan ditekan bersama-sama dengan jari menghadap ke atas.

3. Alaska


Salam ini disebut kunik, berasal dari kawasan Alaska, Siberia. Salam ini cukup unik, pasalnya kedua lawan bicara harus mendekatkan kedua hidung mereka dan bagian atas bibir mereka sambil menahan napas. Hal ini menunjukkan rasa hormat dan kasih sayang.

4. Selandia Baru


Suku Maori merupakan orang-orang pribumi asli Selandia Baru yang memiliki salam tradisional yang disebut dengan Hongi. Artinya adalah berbagi napas kehidupan. Cara melakukan salam ini sangat unik. Dua orang yang bertemu dengan lembut menekan hidung mereka satu sama lain.

Baca Juga:  Celebrating The Legend Maya Angelou by Poetry and Literary Group (PLG)

5. Mongolia


Cara memberi salam di Mongolia cukup unik dan mengesankan. Para tamu di Mongolia akan diberikan hada. Hada adalah syal yang nantinya diberikan pada saat upacara sebagai simbol kehormatan dan hadiah kepada tamu yang datang. Pemberian hada akan dikakukan dengan cara sedikit membungkuk kepada tamu, wah unik sekali ya..

6. Saudi Arabia


Negara dengan mayoritas muslim ini biasa memberi salam dengan menjabatkan tangan dan mengucapkan kata ‘Assalamualaikum’. Kata’As-salamualaikum berarti ‘Salam bagimu’. Hal ini biasanya diikuti dengan hidung mencium dan menempatkan satu tangan di bahu berlawanan satu dengan lainnya.

7. Tibet


Negeri dengan julukan atap dunia ini juga punya cara salam yang cukup unik. Masyarakat Tibet akan menggunakan lidah saat memberi salam. Mereka  akan menjulurkan lidah ke orang lain. Hal ini maksudnya untuk menunjukkan bahwa lidahnya tidak berwarna hitam dan bukanlah reinkarnasi dari raja terdahulu.

8. Kenya

Untuk kamu yang datang ke Negara Kenya, kamu akan disambut dengan tarian. Cara memberi salam orang Kenya ini bak sebuah permainan.Pasalnya, para prajurit dari suku Masai di Kenya ini akan mengundang pendatang baru ke dalam sebuah upacara menari di mana mereka akan membentuk sebuah lingkaran dan bersaing untuk memutuskan siapa yang bisa melompat paling tinggi. Ini adalah salah satu simbol untuk menunjukan rasa hormat dan sopan santun yang besar masyarakat Kenya.

Reporter: Jehan Erwita
Dokumentasi: Istimewa