ATASI BATERAI BOROS, Gak Perlu Charge Sampai Penuh

195

“Yaaah… Udah lowbat lagi hape ku” 

“Cepat kali batre hape ini habis…”

Masalah baterai ponsel memang kerap mengganggu para pengguna ponsel, khususnya ponsel pintar. Terlebih di masa sekarang, agaknya penggunaan ponsel sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Istilah ‘semua dalam genggaman’ juga terasa relateable dengan siapapun, apapun profesinya. 

Salah satu penyebab baterai ponsel cepat habis adalah penggunaan aplikasi yang tidak dibutuhkan. Untuk itu, kalian butuh double check aplikasi yang di ponsel kalian. Untuk aplikasi yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan, bisa langsung kalian uninstall demi menjaga keberlangsungan baterai ponsel. Matikan juga notifikasi-notifikasi yang tidak penting, sekaligus ubah mode layar wallpaper kalian menjadi dark-mode (mode gelap) untuk menghemat baterai. 

Selain itu, lokasi tempat kita berada juga bisa memicu pengurasan baterai ponsel terkait layanan seluler yang kita gunakan. Apabila berada di lokasi yang minim jaringan seluler, kalian bisa menggunakan airplane mode untuk mengistirahatkan antena ponsel kalian dari kerja kerasnya menangkap sinyal. 

Masalah baterai lain juga bisa timbul dari fitur-fitur dasar ponsel yang biasa kita gunakan, seperti penggunaan GPS, WiFi, Bluetooth, bahkan kamera yang berlebihan bisa mengakibatkan baterai ponsel habis seketika. Jadi, jangan lupa matikan fitur tersebut jika sudah tidak lagi digunakan. Pssst, cara charging ponsel kalian juga harus dipastikan dengan baik agar baterai tidak cepat rusak. 

 

Kover bakal kasih beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk mencegah baterai ponsel tidak cepat habis dan rusak

  1. JANGAN coba-coba charge ponsel kamu lewat port usb dari komputer ataupun laptop karena arus listrik yang dihasilkan tidak akan sama dengan yang berasal dari stop kontak.
  2. Charge ponsel kalian sebelum benar-benar kosong minimal saat ponsel kamu berkapasitas 30% dan jangan mengisi baterai sampai penuh di 100%.
  3. Pastikan charger yang kalian gunakan asli.
  4. Matikan ponsel ketika sedang di charge. Jangan gunakan untuk bermedia sosial apalagi main game.
  5. Jika tetap ingin mengaktifkan ponsel saat di charge, kalian bisa menurunkan kontras layar ponsel kalian. 
  6. Hindari penggunaan power bank terlalu sering meski kerap menjadi penyelamat saat kamu harus bekerja di luar atau bepergian jauh. 

Nah, itu beberapa tips dari Kover buat kawans sekalian supaya gak uring-uringan kalau baterai ponsel boros dan habis terus. Semoga bermanfaat ya! 

Penulis: Vira