Apakah Kegunaan dari Tabir Surya dan Sunblock ?

44

Medan, KoverMagz – Dengan banyaknya produk perawatan kecantikan dengan kandungan SPF atau sunscreen yang beredar di pasaran, pasti Anda sudah tak asing lagi dengan istilah tabir surya. Tabir surya adalah produk topikal (diaplikasikan pada permukaan tubuh) dengan kandungan bahan yang berfungsi menangkal atau memantulkan kembali sinar Ultra Violet pada cahaya matahari.

Pemakaian tabir surya, baik yang berbentuk krim, gel, lotion, maupun spray sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kalau Anda termasuk yang tidak rutin mengoleskan tabir surya di kulit sebelum keluar rumah, coba simak manfaat-manfaat penting tabir surya yang dikutip dari Style Craze berikut.

1. Mencegah Suburn Akibat Sengatan Sinar Matahari

Sinar ultra violet, terutama sinar Ultra Violet B (UVB) dapat menyengat permukaan kulit, menimbulkan sensasi terbakar, pedih, dan pengelupasan pada permukaan kulit. Karena itu Anda perlu melindungi kulit dengan SPF dalam tabir surya.

Kalaupun Anda senang berjemur untuk mendapatkan kulit yang tan, Anda tetap membutuhkan perlindungan dari sinar ultra violet agar kulit tidak mengelupas.

2. Mencegah Munculnya Flek Hitam (Sunspots)

Sunspots atau flek hitam juga termasuk efek buruk dari paparan sinar matahari berlebihan. Anda bisa mencegahnya dengan menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau di atasnya.

3. Mencegah Hiperpigmentasi

Sebenarnya, kulit sawo matang dan kecokelatan yang jadi ciri khas orang Asia Tenggara termasuk cukup tahan terhadap sinar ultra violet. Walaupun begitu, pigmentasi alias penggelapan kulit merupakan momok bagi sebagian besar wanita Asia. Buat menghindarinya, Anda perlu sunscreen alias tabir surya.

4. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Penggunaan tabir surya dapat membantu mencegah melanoma dan karsinoma sel skuamosa, dua jenis kanker kulit. Kanker kulit, terutama melanoma sangat berbahaya bagi perempuan, terutama yang berusia di atas 20 tahun.

Baca Juga:  Veren Ferita, Siap Wakili Sumut di Ajang Miss Chinese Indonesia 2021

5. Mencegah Penuaan Dini

Tabir surya melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis-garis halus. Studi menunjukkan bahwa orang-orang di bawah usia 55 yang rutin menggunakan tabir surya memiliki risiko mengalami penuaan dini 24 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak mengenakan tabir surya.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Protein yang penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit seperti kolagen, keratin, dan elastin rentan rusak karena paparan sinar ultra violet. Jika kulit terus-menerus terekspos sinar ultra violet tanpa perlindungan apa pun, kerusakan bisa sampai ke tingkat DNA. Jika Anda rajin mengoleskan tabir surya atau sunscreen, protein-protein tersebut akan terlindungi.

Selain itu pemakaian tabir surya juga dapat mencegah timbulnya jerawat dan kerusakan pada permukaan kulit lainnya yang disebabkan oleh pengaruh buruk sinar matahari.

7. Karena Ketahanan Kulit Berkurang Seiring Bertambahnya Usia

Kulit yang paling sehat sekalipun akan mengalami penurunan resilience seiring pertambahan usia. Jangan tunggu sampai terlambat, ketika kulit sudah menunjukkan tanda-tanda penuaan dini atau kerusakan yang parah.

Mulai sekarang jangan malas mengoleskan tabir surya sebelum memulai aktivitas di luar ruangan. Pilih tabir surya yang mengandung SPF minimal 30 dan pastikan tabir surya Anda memiliki kandungan Titanium dioksida, Oktil methoxycinnimate, Avobenzone, atau Seng oksida. Bagi yang memiliki kulit ekstra sensitif, lebih bagus lagi jika Anda bisa menemukan formula tabir surya yang bersifat non-comedogenic dan hypoallergenic.

Penulis : Annette Thresia Ginting

Sumber : Merdeka, detik , berbagai sumber