7 Penyebab Gigi Kuning Yang Harus Diketahui

44
penyebab gigi kuning
penyebab gigi kuning

Tidak hanya bau mulut, Gigi kuning juga bisa menjadi salah satu hal yang dapat membuat seseorang menjadi insecure atau kurang percaya diri loh. Hal ini karena kebanyakan orang beranggapan kalau gigi kuning adalah pertanda seseorang yang penjorok atau kurang bisa merawat diri. Padahal, beberapa penyebab gigi kuning bisa datang dari mana saja. Tidak melulu karena malas menyikat gigi ataupun kurang merawat diri.

Nah, Lantas apa sih yang menyebabkan  gigi menjadi kuning? Pada artikel ini, Tim Kover Magz telah merangkumnya untuk anda. Simak ulasannya!

1. Merokok

Berdasarkan dari beberapa sumber, merokok adalah penyebab pertama yang bisa membuat gigi berubah menjadi kuning. Bahkan menurut dokter sekaligus Ahli Bedah Laser Kosmetik dan Ahli Bedah Ortopedi Dentofacial yakni Dr Amit Kapoor mengatakan nikotin yang terdapat pada rokok sulit untuk anda hilangkan dan dapat menyebabkan gigi berwarna kuning.  Oleh karena itu, jika anda tak ingin memiliki gigi kuning, cobalah kurangi kebiasaan merokok tersebut. Selain baik untuk gigi, juga dapat menyehatkan tubuh.

2. Menyikat Gigi Terlalu Keras

Ada anggapan yang mengatakan bahwa menyikat gigi terlalu keras dapat membuat gigi menjadi lebih sehat dan bersih. Padahal, kenyataannya tidaklah benar. Menyikat gigi terlalu keras justru dapat merusak lapisan email pada gigi hingga mengikis lapisan dentin gigi yang berwarna kuning. Alhasil, gigi anda akan terlihat lebih kuning dari sebelumnya. Untuk itu, ubahlah kebiasaan ini dan mulailah menerapkan cara menyikat gigi yang benar.

3. Penumpukan Plak

Penumpukan Plak bisa disebabkan oleh banyak hal, baik karena menggunakan obat kumur, benang gigi, tidak bersih dalam menyikat gigi maupun penerapan cara menyikat gigi yang salah. Apalagi, bila membiarkan gigi dalam keadaan yang kotor, akan membuat plak semakin menumpuk dan berubah menjadi karang. Jika sudah begini, maka menyikat gigi tidaklah cukup. Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter gigi agar gigi anda mendapatkan perawatan ekstra dan tampil lebih sehat dan bersih.

Baca Juga:  Ini 9 Manfaat Asuransi Syariah Yang harus Diketahu!

4. Memakan Permen dan Cokelat

Ingat sobat kover, memakan permen maupun cokelat juga dapat membuat gigi menjadi kuning loh. Ini disebabkan permen mengandungan pemanis dan pewarna buatan yang mampu meninggalkan noda di gigi. Untuk itu, bagi anda yang hobi memakan permen, maka jangan lupa menyikat gigi dengan baik dan benar agar bekas noda permen tak hinggap di gigi.

5. Kopi dan Teh

Tidak perlu sobat kover ragukan lagi, bila kopi dan teh dapat membuat gigi menjadi kuning.  Kopi dan Teh memiliki kandungan kromogen yang dapat membuat gigi anda menjadi kuning. Kromogen sendiri adalah zat pewarna yang dapat menodai email gigi dan menyembunyikan warna putih email gigi.

6. Penuaan Diri

Siapa sangka jika penuaan diri dapat menjadi penyebab gigi berwarna kuning loh. Seiring dengan pertambahan usia, email pada gigi juga perlahan-lahan akan menipis. Namun hal ini tentunya masih bisa anda toleransi dengan selalu merawat kebersihan gigi ke dokter gigi.

7. Genetik

Penyebab gigi kuning terakhir ialah Gen atau keturunan. Beberapa orang tentunya ada yang disebabkan oleh penyebab ini. Untuk itu, bagi sobat kover yang merasa memiliki kuning secara genetik, anda tak perlu berkecil hati. Penyebab ini juga masih dapat diatasi dengan melalui perawatan diri ke dokter gigi ataupun rutin menggunakan pasta pemutih gigi.

 

Nah, inilah 7 penyebab gigi kuning yang harus anda ketahui. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan tetap jaga kebersihan gigi ya sobat kover.