5 Hal yang Harus Diwaspadai Saat Berkendara di Jalan Tol

184

Kabar mengejutkan kembali terjadi di Jalan Tol  yang menggegerkan warga Indonesia. Kecelakaan beruntun terjadi di KM 58 Tol Cikampek, Karawang Timur, Jawa Barat, Senin (8/4). Kejadian itu menewaskan 12 orang.

Kondisi ini menunjukkan bahwa berkendara dengan hati-hati di jalan tol sangat penting demi keselamatan.  Berdasarkan siaran pers dari PT Jasa Marga, tiga kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan itu adalah Daihatsu GrandMax (KR1), Daihatsu Terios (KR2), dan bus sesar (KR3).

Bagi Sobat Kovermagz yang hendak berkendara di jalan tol dalam rangka mudik Lebaran, berikut sejumlah hal yang harus diwaspadai yang  dirangkum dari berbagai sumber:

1. Perhatikan Kecepatan

Kecepatan adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat berkendara di jalan tol. Selalu perhatikan dan ikuti batas kecepatan yang ditetapkan di jalan tol. Batas kecepatan tersebut ada untuk menjaga keamanan dengan pengguna jalan lainnya.

Selain memperhatikan batas kecepatan, penting juga untuk mengemudi dengan kecepatan yang sesuai dengan kondisi jalan dan cuaca. Jika ada hujan, kabut, atau kondisi jalan yang buruk, maka pengemudi harus mengurangi kecepatan kendaraan.

 

2. Jaga Jarak Aman

Jarak aman antara kendaraan juga merupakan hal penting yang harus diwaspadai. Mengendarai mobil dalam jarak dekat dapat membuat potensi menabrak lebih tinggi karena tidak akan sempat untuk menghindar atau mengerem.

Selalu jaga jarak aman dengan kendaraan di depan kalian, terutama saat berkendara dengan kecepatan tinggi. Ini memberikan pengemudi lebih banyak waktu untuk bereaksi jika terjadi sesuatu.

Baca Juga:  Aktor Byeon Woo Seok Gelar Fan Meeting 'Summer Letter' di Jakarta 28 Juni 2024

 

3. Fokus Saat Mengemudi

Hindari aktivitas lain yang dapat membuat konsentrasi berkendara menjadi buyar atau terganggu, seperti penggunaan gawai pintar atau perangkat lainnya.

Menggunakan handphone saat berkendara dapat menyebabkan gangguan perhatian yang serius. Ini membuat pengemudi jadi lebih lambat dalam merespons situasi darurat dan memperbesar risiko kecelakaan.

 

4. Perhatikan Marka dan Tetap di Jalur

Satu hal yang paling penting dan perlu diingat saat berkendara di jalan tol adalah kalian bukan satu-satunya orang yang menggunakan jalan tersebut. Jadi, kalian perlu menghindari aktivitas berpindah jalur secara tiba-tiba. Jangan sampai perpindahan jalur membuat kendaraan lain kagok atau menyebabkan kecelakaan yang dapat berpotensi fatal.

Hindari juga berkendara di area blind spot kendaraan lain. Ini adalah area di sekitar kendaraan di mana pengemudi tidak bisa melihat dengan jelas menggunakan kaca spion.

 

5. Pertimbangkan Faktor Cuaca

Cuaca buruk juga menjadi bagian yang harus mendapatkan perhatian Genhype ketika berkendara di jalan tol. Bukan tanpa alasan, ada banyak potensi bahaya yang dapat terjadi ketika hujan turun dengan lebat.

Selain jarak pandang yang terbatas, potensi bahaya lain yang mungkin terjadi adalah aquaplaning atau saat ban kehilangan daya cengkeram akibat genangan air. Kondisi dapat menjadi penyebab mobil tergelincir.