5 Cara Merawat Kulit Kepala dan Rambut Bebas Ketombe di Musim Hujan

388

Musim hujan yang kini terjadi di Indonesia tentunya memberikan banyak dampak. Salah satunya berpengaruh pada masalah kulit kepala. Pasalnya, ternyata musim hujan juga bisa membuat kulit kepala rentan berketombe, baik itu ketombe basah atau ketombe kering. Untuk mencegah dan mengatasinya, lakukan perawatan rambut dan kulit kepala secara menyeluruh.

Saat musim hujan suhu bisa lebih lembap dari biasanya. Oleh karenanya, pastikan rambut selalu kering supaya tidak berketombe. Selanjutnya kalian bisa menggunakan produk yang cocok, seperti shampoo, conditioner, vitamin dan minyak rambut.

Nah, kali ini kovermagz akan membagikan 5 cara merawat kulit kepala dan rambut agar bebas dari ketombe saat musim hujan. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Lindungi Kulit Kepala dari Kelembapan Berlebih 

Musim hujan membuat suhu jadi lebih dingin dan lembap yang bisa menyebabkan ketombe kering dan basah. Cuaca yang dingin menyebabkan kulit kepala jadi lebih kering sehingga membuat sel kulit mati dan mengelupas menjadi ketombe kering. Biasanya ketombe kering bisa dengan mudah terlihat dan sering berjatuhan sehingga bisa mengganggu penampilan.

Sedangkan ketombe basah bisa muncul saat kalian sering kehujanan dan rambut didiamkan dalam kondisi basah terlalu lama. Ketombe basah dapat terjadi karena adanya penumpukan kotoran dan minyak dari kulit kepala dan rambut yang lembap. Biasanya ketombe basah juga memiliki aroma tak sedap.

2. Memilih Produk dengan kandungan Niacinamide

Menurut studi yang diterbitkan pada Journal of Cosmetics, Dermatological and Applications, kulit kepala memiliki pertahanan yang lebih rentan dibandingkan dengan kulit area wajah. Gangguan pada pertahanan kulit kepala atau scalp barrier dapat memicu sejumlah kondisi yang mengakibatkan ketombe terus-menerus muncul kembali.

Untuk mengatasinya, bisa memilih produk perawatan rambut dengan kandungan niacinamide. Manfaatnya bisa meningkatkan komponen penunjang scalp barrier sehingga perlindungan kulit kepala menjadi lebih kuat. Berdasarkan sejumlah penelitian lainnya, niacinamide juga terbukti dapat memberikan nutrisi pada scalp barrier dan mengurangi peradangan untuk mencegah ketombe datang kembali.

Baca Juga:  Rekomendasi Notes Parfum yang Cocok untuk Cuaca Panas

3. Bersihkan Rambut dan Kulit Kepala dengan Rutin

Cara paling ampuh untuk mengatasi ketombe adalah keramas dengan rutin. Pastikan kalian menggosok kulit kepala dan rambut sampai bersih. Pilihlah sampo yang telah teruji secara klinis bisa mengatasi ketombe dan mencegahnya datang kembali.

Pilih produk dengan kandungan niacinamide yang dapat membantu menjaga kekuatan scalp barrier sehingga kulit kepala lebih kuat tidak mudah terkelupas menjadi ketombe. Untuk meningkatkan kesegaran kalian bisa pilih sampo dengan aroma menthol atau lemon.

4. Terapkan Diet Makanan Sehat

Perubahan pola makan sehat juga dapat berdampak signifikan pada kesehatan kulit kepala. Untuk menjaga kulit kepala tetap sehat, kurangi konsumsi lemak dan gula yang tidak sehat, seperti gorengan dan gula olahan. Cara untuk mencegah pertumbuhan jamur penyebab ketombe adalah dengan menghindari makanan glukosa tinggi.

5. Aplikasikan Scalp Treatment secara Teratur

Scalp treatment adalah cara yang paling bagus untuk mengatasi ketombe parah, karena menggunakan bahan dengan sifat antijamur dan antiinflamasi. Setelah mengoleskan produk untuk kulit kepala, lakukan pemijatan lembut yang bermanfaat untuk membersihkan kulit kepala dan juga meredakan rasa gatal.

Kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami minyak kelapa mentah extra virgin yang juga anti jamur dan anti inflamasi. Minyak kelapa ini dapat membantu memberi hidrasi dan efek pengelupasan. Cara memakainya mudah dengan menghangatkan minyak kelapa dan oleskan langsung ke kulit kepala sambil memijatnya. Biarkan selama 45 menit sebelum dibilas dengan shampo dan kondisioner. Lakukan tiga kali seminggu.