3 Festival Film Paling Bergengsi di Dunia

1237
Venice-Film-Festival

Setiap negara berlomba lomba menciptakan film terbaik untuk dinikmati para pecintanya. Seiring berkembangnya zaman, perkembangan dunia perfilman selalu terjadi di seluruh belahan dunia. Hal tersebut menjadikan banyak festival-festival film internasional bermunculan dan diadakan oleh berbagai organisasi di berbagai negara dunia.

Festival film internasional tentunya dibuat secara terorganisir sebagai wadah bagi bagi para sineas seluruh dunia untuk unjuk gigi mempresentasikan karya-karyanya. Tak hanya berfokus pada alur film saja, biasanya festival film akan berfokus berdasarkan genre-genre film.

Mungkin anda sering mendengarkan Cannes International Film Festival dan Berlin International Film Festiva. Acara tersebut dibuat untuk merayakan perilisan sekaligus mengapresiasi para kreator film, namun tak hanya itu berikut ini kovermagz merangkum tiga festival film paling bergengsi dunia sebagai wadah menunjukkan karya-karya hebat, simak selengkapnya:

1. Venice Film Festival

Venice Film Festival adalah acara yang pertama kali berlangsung  pada tahun 1932 dan jadi festival film tertua di dunia. Dalam acara ini biasanya akan dihadiri oleh banyak bintang ternama, serta film-film megah yang menjadi kesukaan para penonton. Untuk tahun 2022, festival ini akan berlangsung tapat pada 31 agustus hingga 10 september.

Penghargaan yang diberikan oleh festival ini adalah Golden Lion, Silver Lion, Lion of the Future, Jaeger-LeCoultre Glory untuk the Filmmaker Award, dll.

Baca Juga:  5 Drama Korea Populer Lee Jae Wook yang Harus Kamu Tonton!

2. Sundance Film Festival 

Sundance Film Festival

Festival film terbesar di Amerika Serikat ini didirikan pada tahun 1978, dan sejak saat itu diadakan setiap tahun di Utah, Amerika Serikat. Dalam pagelaran Sundance Film Festival menampilkan film independen yang dibuat oleh pembuat film independen Amerika dan internasional. Disamping itu, Sundance juga mengadakan berbagai kompetisi untuk film dokumenter, film layar lebar, film pendek, dll.

Sundance tidak hanya sekedar festival film saja, lebih dari itu Sundance merupakan pusat jejaring bagi para pembuat film dan para talenta yang ingin memasuki dunia perfilman dunia, sebuah forum untuk membahas masalah dan teknologi terobosan yang memengaruhi film dan media, serta tempat untuk melihat para selebritis dunia.

3. Toronto International Film Festival

Toronto International Film Festival

Toronto International Film Festival (TIFF) merupakan festival film bergengsi yang diselenggarakan di Danau Ontario setiap bulan September. Festival Film Internasional Toronto adalah salah satu festival film yang dihadiri publik terbesar di dunia, menarik lebih dari 480.000 orang setiap tahun.

Festival film ini kerap kali digunakan untuk mempromosikan film-film yang ingin masuk Oscar. Para juri juga memberikan penghargaan tertinggi, yaitu People’s Choice Award, yang memiliki tiga anak kategori. Jadi, festival film bergengsi ini cukup berbeda dengan bebera festival di atas.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353