Ternyata Ini Manfaat Mengonsumsi Daun Kenikir, Wajib Tahu!

134

Mungkin bagi segelintir orang, daun kenikir cukup terdengar asing. Namun siapa sangka bila daun kenikir memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini terlihat dari kandungannya yang terdiri dari karbohidrat, protein, serat, air, serta vitamin C, B1, dan B2.

Melansir dari penelitian dalam jurnal “Pengenalan Tumbuhan Penghasil Pestisida Nabati”, daun kenikir juga mengandung sejumlah zat bermanfaat, seperti minyak atsiri, flavonoid, saponin, tanin, pilofenol, dan alkaloid.

Daun kenikir merupakan tanaman tropis yang berasal dari Amerika Latin dan Amerika Tengah. Namun telah menyebar hingga wilayah Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, daun kenikir tersebut kerap kali dijadikan menu urap-urap, gudangan, lapan, ataupun nasi pecel. Dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya, tak heran jika tanaman ini dipercaya memiliki beragam khasiat untuk menunjang kesehatan tubuh.

Lantas apa saja manfaat mengonsumsi daun kenikir tersebut? Kali ini tim kovermagz akan membahasnya untuk anda. Simak selengkapnya disini! 

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun kenikir pertama adalah memelihara kesehatan jantung. Pasalnya, di dalam daun tersebut terdapat kandungan antioksidan dan antiradang yang dapat mencegah kerusakan sel akibat bahaya radikal bebas, sehingga bisa mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Penelitian ilmiah memberikan harapan baru dengan menunjukkan bahwa daun kenikir dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Meskipun belum sepenuhnya diakui sebagai pengobatan kanker, potensi antioksidannya yang tinggi memberikan dorongan tambahan dalam perang melawan penyakit mematikan ini.

Menurunkan Tekanan Darah

Menurut penelitian, daun kenikir memiliki efek diuretik yang mampu menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, daun ini baik dan aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Namun, efektivitas dan dosis aman penggunaan daun kenikir untuk mengobati hipertensi masih belum diketahui secara pasti, sehingga anda harus tetap hati-hati dan waspada.

Mencegah dan Mengobati Diabetes

Salah satu manfaat daun kenikir yang paling dikenal adalah mengobati dan mencegah penyakit diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 terjadi ketika kadar gula darah terlalu tinggi di dalam tubuh karena insulin tidak dapat bekerja dengan efektif.

Beberapa penelitian menemukan bahwa daun kenikir bisa memperbaiki kinerja insulin dalam tubuh dan mengurangi penyerapan glukosa berlebih dalam sistem pencernaan, sehingga kadar gula darah pun dapat terkendali.

Untuk obat cuci darah

Vitamin E antioksidan dan flavonoid dalam daun kenikir membantu membersihkan darah dari racun. Mengonsumsi olahan daun kenikir secara rutin dapat membantu membersihkan racun yang terbawa dalam darah.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kandungan vitamin A, E, dan C dalam daun kenikir membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki imun tubuh, dan memperlancar metabolisme.

Sebagai Obat Maag dan Lemah Lambung

Karena kandungan tokoferol, polifenol, dan hidroksieugenol di dalam daun kenikir, ia dapat membantu menetralkan asam lambung serta menguatkan otot lambung. Konsumsi daun kenikir dengan merebusnya dan menambahkan garam menjadi cara yang sederhana untuk mengatasi maag.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat daun kenikir satu ini berasal dari kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Serat dapat memperlancar proses pencernaan dengan cara menyerap air ke dalam usus besar. Hal ini bisa membuat buang air besar menjadi lebih lancar.

Mencegah Osteoporosis

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun kenikir memiliki efek yang baik dalam merangsang pembentukan tulang, meningkatkan kekuatan tulang, dan mencegah tulang keropos atau osteoporosis.

Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi dan kalsium yang terdapat di dalamnya. Akan tetapi, studi tersebut baru sebatas pada studi penelitian pada hewan percobaan di laboratorium. Sejauh ini, belum ada riset klinis yang mendukung klaim bahwa daun kenikir bermanfaat sebagai obat atau suplemen yang efektif untuk mencegah osteoporosis.

Perawatan Kulit

Daun kenikir tidak hanya menyegarkan dari dalam, namun dapat juga meremajakan kulit dari luar. Beberapa studi menunjukan bahwa kandungan kalsium, flavonoid, saponin, dan lainnya memberikan nutrisi esensial untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit.

Kemudian, daun kenikir juga dapat diolah menjadi masker kecantikan karena kandungan kalsium, flavonoid, saponin, tokoferol, dan terpenoid yang berpengaruh besar pada kecantikan kulit.

Anti Penuaan

Mengurangi efek penuaan bisa menjadi lebih nikmat dengan daun kenikir. Penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa kandungan vitamin A dan sifat antioksidannya membantu menjaga kulit tetap segar dan bercahaya, memberikan sentuhan keajaiban pada rutinitas perawatan kulit Anda.

Baik untuk Kehamilan

Daun kenikir dipercaya memiliki efek baik untuk kehamilan dengan mencegah hipertensi, mengurangi risiko diabetes, dan menstabilkan kadar gula darah.

Menyehatkan Mata

Jaga kesehatan mata dengan merawatnya dari dalam, daun kenikir mengandung nutrisi penting seperti vitamin A yang mendukung kesehatan mata dan meningkatkan daya penglihatan.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Punya masalah tidur atau insomnia ? Daun kenikir adalah solusinya. Efek relaksan alaminya dapat membantu merilekskan tubuh dan pikiran, menciptakan suasana yang lebih nyaman untuk tidur yang berkualitas.

Menambah Nafsu Makan

Terakhir dapat menambah nafsu makan. Kuersetin, senyawa yang ditemukan dalam daun kenikir, dapat berperan sebagai penambah nafsu makan, terutama pada anak-anak. Untuk yang sedang pulih dari sakit atau anak-anak yang susah makan, daun kenikir bisa menjadi sahabat yang lezat dan sehat. 


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353