Lapis Legit Indonesia dan Lapis Legit Sarawak

324

Membahas kuih-muih tradisional, Indonesia memang seperti tak pernah kehabisan ragam, lapis legit adalah salah satunya. Resep kue ini terinspirasi dari kue lapis eropa yang digemari orang-orang Belanda pada masa penjajahan di Indonesia.

Spekkoek, demikian nama aslinya, dalam bahasa Belanda berarti kue daging babi. Dinamai demikian karena lapisan-lapisan yang terbentuk pada kue ini mirip seperti lemak babi. Sponge cake lembut yang disusun berlapis yang terdiri dari 18 bahkan 38 lapisan ini yang memberinya nama lapis legit. 

Lapis legit dibuat dari berbagai macam rempah-rempah yang memang sangat disukai oleh orang-orang Eropa, di antaranya adalah kapulaga, kayu manis, cengkeh, bunga pala, dan adas manis yang kemudiaan disesuaikan dengan bahan-bahan lokal dan citarasa lokal sehingga rasa dan aromanya sangat khas. 

Sering dianggap sebagai salah satu kue basah yang paling eksklusif dan hadir hanya di acara-acara khusus, memang dikarenakan harganya yang cukup mahal dibanding kue-kue jajanan lainnya. Tentu saja mahal, selain bahannya yang menggunakan banyak sekali telur, tak mudah untuk membuat lapis legit.

Agar hasilnya memuaskan, butuh proses pengerjaan yang berjam-jam, karena membuat lapis legit butuh ketelitian dan perhitungan yang tepat dalam meramu bahan-bahan sehingga lapis demi lapis punya ukuran yang persis sama. 

Saat ini, sudah banyak varian-varian kue lapis legit, seperti maksuba Palembang, lapis legit pontianak, lapis legit bangka, lapis legit lampung, dan legit gulung dengan rasa yang semakin variatif. 

Kue lapis legit sendiri adalah sajian khas pada hari-hari raya atau perayaan-perayaan besar di  Indonesia, khususnya hari raya Imlek. Menurut budaya tionghoa, bentuk kue lapis legit yang berlapis-lapis mendefinisikan keuntungan yang terus bertambah.

Tahap pembuatannya yang cukup rumit juga melambangkan perjalanan hidup  seseorang dalam mewujudkan impiannya. Meskipun cukup sulit dan membutuhkan proses panjang, hasilnya akan memuaskan dan patut dibanggakan. Bagaimana tidak, Oleh CNN, kue lapis legit Indonesia dinobatkan sebagai peringkat 4 dari 17 kue nasional terlezat di dunia, setelah Pavlova dari Selandia Baru, Swedish Prince Cake dari Swedia, dan Victoria Sponge dari Inggris Raya.

Lapis Legit Sarawak

Baca Juga:  Menahan Kantuk Selama WFH? Minuman Ini Bisa Jadi Alternatif Kopi.

Di Malaysia juga terdapat kue lapis yang biasa disebut kek lapis. Kue lapis Sarawak sering disajikan pada acara-acara tertentu dan istimewa, seperti perayaan keagamaan atau kebudayaan seperti Idul Fitri, Natal, Deepavali, serta hari ulangtahun atau hari pernikahan. Perbedaan yang mencolok dengan kue lapis Indonesia adalah susunan warna yang lebih rumit. 

Kek lapis sarawak berawal dari pendatang dari Jakarta di tahun 1970-1980an yang mengenalkan kue lapis legit Indonesia. Seiring berjalannya waktu semakin banyak masyarakat Sarawak yang menggemari dan akhirnya menambah ide-ide kreatif dengan menambah bahan-bahan baru, rasa, dan varian warna sehingga terjadilah kek lapis dengan kerumitan warna dan susuanan seperti rumus matematika. 

Sebuah sumber mengatakan bahwa sejak 2010, kek lapis Sarawak (kue lapis Sarawak) telah menjadi indikasi geografis yang dilindungi. Ini berarti bahwa  kue ini hanya dapat disebut “kek lapis Sarawak / kue lapis Sarawak” jika diproduksi di Sarawak sesuai dengan spesifikasi Asosiasi Produsen Kue Lapis Sarawak. Adalah ilegal untuk memberi label  “kek lapis Sarawak / Sarawak layer cake” , apabila kue yang diproduksi dengan cara yang sama tidak benar-benar dibuat di Sarawak. Produsen di luar Sarawak hanya dapat secara legal memberi nama produk mereka “kue lapis” gaya Sarawak.

Kek lapis Sarawak dibuat dengan corak khas daerah itu, menjadikan kue ini salah satu produk kuliner kebanggaan pariwisata Malaysia.

Penulis: Elsa Malona, Jehan Erwita

Dokumentasi: Berbagai Sumber