Ada Saatnya Anda Tidak Boleh Mengkonsumsi Karbohidrat. Kapan Sajakah Itu ?

74

Medan,KoverMagz – Karbohidrat adalah segolongan besar senyawa kimia yang paling banyak terdapat di bumi yang terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat memiliki manfaat utama sebagai sumber energi agar tubuh mampu menjalankan berbagai fungsinya, dan melakukan berbagai aktivitas setiap hari.

Karbohidrat terbagi menjadi dua jenis, yaitu sederhana dan kompleks yang keduanya memiliki perbedaan dalam struktur kimiawinya. Secara umum, karbohidrat yang sederhana mengandung gula dasar yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Sedangkan karbohidrat kompleks memiliki rantai gula yang panjang sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna oleh tubuh.

Manfaat Karbohidrat bagi Tubuh

Ketika Anda mengonsumsi karbohidrat, maka tubuh akan mengubahnya menjadi glukosa yang kemudian menjadi sumber energi bagi tubuh. Manfaat karbohidrat bagi tubuh sangatlah penting, yaitu sebagai berikut.

Manfaat Karbohidrat

Setelah mengonsumsi karbohidrat, nutrisi ini akan dicerna dan diubah menjadi glukosa. Kemudian, insulin membantu sel-sel tubuh untuk menyerap glukosa yang selanjutnya diubah menjadi energi, seperti untuk bernafas, bergerak, berjalan, berpikir, dan untuk melakukan aktivitas yang lainnya.

Karbohidrat sederhana maupun yang kompleks sama-sama dibutuhkan oleh tubuh kita dalam beraktivitas sehari tapi sudahkan anda tau bahwa ada saatnya dimana karbohidrat tidak dapat anda konsumsi, di saat apa sajakah itu ?

1. Sebelum Berolahraga

Makanan pra-olahraga dapat memberi Anda semua energi yang Anda butuhkan untuk membakar kalori. Meskipun Anda mungkin berpikir karbohidrat adalah cara terbaik untuk mendapatkan energi instan, memiliki banyak karbohidrat dapat menyebabkan mual, terutama jika Anda mengikuti latihan yang intens. Mengemil sesuatu yang menghidrasi atau kaya protein bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Itu akan membantu pemulihan dan pembentukan otot. Dengan cara yang sama, Anda tidak boleh memilih makanan sarat karbohidrat instan setelah menyelesaikan latihan Anda. Pilih sesuatu yang sehat yang akan membantu Anda mendapatkan hasil optimal dan memaksimalkan latihan Anda.

2. Pagi Hari

Jangan salah paham dulu, bukan tidak boleh ya. Hanya saja karbohidrat berat berat yang dimaksud disini ialah seperti makanan sereal atau roti setelah bangun tidur. Sumber karbohidrat ini yang dimurnikan atau dikemas dalam gula dan fruktosa tinggi yang dapat meningkatkan kadar insulin. Jika Anda kebetulan makan sarapan larut malam, karbohidrat yang berat dapat membuat Anda merasa lesu dan mengalami ‘food coma’. Sebaliknya, pilihlah makanan yang juga mengandung lemak dan protein, yang juga akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

 

 

3. Saat Bosan

Stres akan akan membuat seseorang ingin makan dan mengunyah. Selain itu rasa bosan juga membuat ingin mengkonsumsi sesuatu sambil menonton serial. Ini adalah kebiasaan umum yang sayangnya juga membuat banyak orang rentan mengalami kenaikan berat badan. Mengunyah yang tidak terkelola dapat menyebabkan aktivitas yang berlanjut. Jika Anda kebetulan makan karbohidrat pada larut malam, hal itu dapat menyebabkan lonjakan insulin secara tiba-tiba dan mungkin juga tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Pilihlah pilihan ngemil yang lebih sehat, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, muesli atau salad.Terkadang, air juga bisa membantu.

4. Saat Tidur Belum Terlelap

Saat Anda kurang tidur, hormon Anda akan rusak dan metabolisme Anda tidak seimbang, hal ini membuat Anda menginginkan sesuatu yang menenangkan seperti makanan kaya karbohidrat. Ini adalah waktu untuk menahan keinginan Anda, pilihlah sesuatu yang dikemas dengan protein atau memiliki indeks glikemik rendah sebagai gantinya. Ini jika Anda ingin mengurangi beberapa inci dari lingkar pinggang Anda. Tidur yang buruk juga dapat memicu tingginya kortisol, yang mungkin membuat Anda memiliki lebih banyak gula.

5. Padukan Bersama Menu Sehat Lain Meskipun Anda harus memilih karbohidrat

berkualitas baik dalam diet Anda, penting pula untuk memasangkannya dengan menu baik lain. Jika Anda memilikinya tanpa pendamping, itu dapat mengganggu saluran pencernaan Anda karena terlalu berlebihan jumlahnya. Terkadang, bentuk karbohidrat tertentu seperti produk bergula dapat mengganggu perut dan membuat Anda keluar jalur kebugaran. Oleh karena itu, pasangkan dengan menu baik, dan hitung kandungan setiap kelompok nutrisi di piring Anda

Penulis : Annette Thresia Ginting

Sumber : Berbagai Sumber