9 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Motor Listrik, Wajib Tahu!

76

Maraknya bermunculnya model motor listrik di Indonesia membuat sejumlah orang tertarik untuk membeli. Selain membawa tampilan yang menarik, para vendor pun berlomba-lomba menjanjikan spesifikasi mumpuni hingga fitur yang menunjang berkendara lebih aman dan nyaman. Ditambah adanya subsidi, motor listrik kian menjadi pilihan sebagai kendaraan harian.

Sebenarnya, patokan setiap orang saat membeli kendaraan, termasuk motor listrik, bisa saja tidak sama. Semua orang punya preferensi pribadi masing-masing. Namun, secara umum ada beberapa tips sebelum membeli motor listrik yang bisa dijadikan acuan. Tips tersebut antara lain adalah:

1. Mengetahui dan menentukan kebutuhan 

Langkah awal sebelum memutuskan untuk membeli motor listrik adalah mengetahui apa kebutuhan kamu. Pertimbangkan tujuan penggunaan motor listrik tersebut. Apakah untuk keperluan sehari-hari, perjalanan jarak jauh, atau hanya untuk perjalanan ringan?

 

2. Riset merek dan model

Jika sudah mengetahui kebutuhanmu, kamu bisa menentukan kira-kira motor listrik seperti apa yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Misalnya, kalau dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari, seperti ke kampus atau bekerja, kamu bisa memilih jenis motor listrik yang lincah dengan desain body yang ramping dan ringan.

Setelah itu, lakukan riset tentang merek dan model motor listrik yang kamu minati. Jangan lupa untuk membaca ulasan pengguna dan peringkat keandalan untuk memastikan kualitasnya.

 

3. Waktu pengisian baterai 

Selain mencari tahu tentang kapasitas dan daya baterai, sebaiknya cari tahu juga mengenai waktu pengisian (charging) baterai motor. Beberapa motor listrik sudah memiliki sistem pengisian cepat (fast charging), sementara yang lain mungkin masih memerlukan waktu yang lebih lama.

 

4. Ketahui Kelengkapan Fitur

Kecanggihan motor listrik tidak hanya pada kata “listrik” saja. Untuk menambah nilai jual para pabrikan motor listrik saat ini juga berlomba-lomba menyematkan fitur pada unitnya. Fitur-fiturnya pun mirip seperti apa yang ada di kendaraan roda empat. Misalnya saja fitur cruise control dimana mesin mampu menahan kecepatan pada posisi stabil sehingga bisa lebih hemat.

Bahkan beberapa pabrikan kendaraan listrik roda dua juga menyematkan advanced riding assist yang mirip-mirip seperti fitur pre-collision alert.

5. Lokasi Sistem Tukar Baterai

Apabila motor listrik menggunakan sistem swab atau tukar baterai, pengguna harus mengetahui tempat mana saja  yang menyediakan fasilitas penukaran baterai. Memang saat ini ada beberapa lokasi minimarket yang dijadikan pos bertukar baterai motor listrik, tetapi menurut Bebin perlu dipastikan apakah fasilitas tersebut mendukung baterai dari merek motor listrik yang akan dibeli.

 

6. Fitur Keselamatan & Keamanan

Hal lain yang patut dipertimbangkan yakni fitur keselamatan. Bebin menyarankan untuk membeli motor listrik yang sudah dilengkapi sistem rem anti kunci (ABS). Sistem ini sangat membantu untuk menjaga keamanan ketika musim hujan. “Bukan hanya motor bisa lari berapa kilometer, tetapi sistem safety-nya sudah sampai dimana, dilengkapi apa saja,” tutur Bebin.

Begitu pula dengan fitur keamanan seperti keyless atau membuka atau mengunci motor listrik tanpa kunci fisik. Sejauh ini belum diketahui seberapa efektif fitur keyless bagi pengguna. Namun yang pasti, pertimbangkan daya tahan baterai pada kunci dalam posisi standby. Lihat pula usia baterai dari keyless tersebut. Menurut Bebin tidak apa untuk ‘cerewet’ bertanya kepada vendor ketika akan membeli kendaraan agar tidak menyesal di kemudian hari.

 

7. Biaya operasional dan perawatan

Satu hal penting yang juga perlu kamu pikirkan baik-baik adalah mengenai biayanya. Sebelum membeli motor listrik, cobalah bandingkan biaya operasional dan perawatan motor listrik tersebut dengan motor konvensional. Motor listrik seringkali lebih hemat dalam hal biaya operasional jangka panjang.

8. Harga motor listrik 

Pertimbangkan harga total keseluruhan dari motor listrik yang akan kamu beli. Mulai dari biaya pembelian, biaya pengisian, dan biaya perawatan jangka panjang.

9. Garansi dan layanan purna jual

Carilah informasi lengkap mengenai layanan garansi dan after sales. Kamu harus bisa memastikan bahwa motor listrik yang akan dibeli sudah dilengkapi dengan garansi yang memadai dan layanan purna jual yang profesional.

Dengan mempertimbangkan beberapa tips sebelum membeli motor listrik tersebut,  kamu dapat membuat keputusan dan memilih motor listrik yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadimu. .

 


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353