12 Makanan Khas Labuhan Bajo: Menikmati Kelezatan Kuliner di Surga Tropis

358
12 Makanan Khas Labuhan Bajo
12 Makanan Khas Labuhan Bajo

Labuhan Bajo, yang terletak di ujung barat Pulau Flores, Indonesia, adalah surga tropis yang dikenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang memukau. Selain pesona alamnya yang menakjubkan, Labuhan Bajo juga menyajikan sejumlah makanan khas yang sangat menggugah selera.

Dengan pengaruh budaya dan tradisi lokal yang kaya, makanan khas Labuhan Bajo menawarkan pengalaman kuliner yang unik dan menggembirakan. Lantas, apa saja makanan khas tersebut? Berikut ini kami akan rekomendasikan 12 makanan khas yang harus Anda coba ketika berkunjung ke Labuhan Bajo. Simak ulasannya!

12 Makanan Khas Labuhan Bajo
12 Makanan Khas Labuhan Bajo

1. Nasi Kolo

Merupakan nasi bakar berisi ikan yang telah dibumbui dengan cita rasa khas Labuan Bajo, disantap bersama rumpu rampe, yaitu tumis daun pepaya, bunga pepaya, daun ubi, buah pepaya muda, dan udang rebon. Selain itu, ada pula sambal ikan teri dimana terbuat dari ikan teri segar, dimasak dengan kacang tanah dan irisan daun jeruk.

2. Sup Ikan Kuah Asam

12 Makanan Khas Labuhan Bajo
12 Makanan Khas Labuhan Bajo

Bagi anda yang pecinta ikan, pastikan untuk tidak melewatkan makanan khas Labuan Bajo yang satu ini. Yakni Sup Ikan Kuah Asam. menjadi salah satu makanan kebanggaan warga lokal. Makanan khas ini diolah dengan menggunakan beragam rempah, termasuk belimbing wuluh yang membuat rasanya menjadi semakin kaya. Makanan ini paling cocok dinikmati dengan nasi hangat.

3. Rumpu Rampe

12 Makanan Khas Labuhan Bajo
12 Makanan Khas Labuhan Bajo

Makanan khas Labuan Bajo lainnya adalah rumpu rampe yang terbuat dari daun pepaya. Uniknya, olahan makanan ini juga dicampurkan dengan bunga pepaya yang dimasak dengan bumbu dan rempah khas Labuan Bajo.

4. Sate Komodo

12 Makanan Khas Labuhan Bajo
12 Makanan Khas Labuhan Bajo

Meskipun bernama sate komodo, nama makanan ini justru tak ada hubungannya dengan hewan komodo yang terkenal itu. Sate komodo adalah sate khas Labuan Bajo yang terbuat dari daging sapi, ayam, atau kelinci yang ditusuk menggunakan bambu atau lidi. Daging kemudian dibumbui dengan bumbu kacang khas Indonesia dan dipanggang di atas bara api. Sate ini memiliki cita rasa yang unik dan disajikan dengan nasi dan sambal pedas.

5. Sambal Wewe

Sambal Wewe adalah sambal khas Labuhan Bajo yang terbuat dari cabai merah, tomat, bawang merah, dan terasi. Sambal ini memiliki rasa yang sangat pedas dan cocok untuk dinikmati bersama dengan makanan laut atau daging panggang.

6. Ikan Bakar

12 Makanan Khas Labuhan Bajo
12 Makanan Khas Labuhan Bajo

Sebagai kota pesisir, Labuan Bajo memiliki sumber daya laut yang melimpah, menjadikannya surganya bagi para pecinta makanan laut. Salah satu hidangan yang paling terkenal adalah ikan bakar. Ikan segar seperti tuna, kakap, atau baronang dipanggang dengan bumbu rempah khas Indonesia, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan kemangi. Hidangan ini memiliki cita rasa yang kaya dan tekstur yang lembut. Sajian ikan bakar biasanya disertai dengan nasi putih hangat dan sambal pedas untuk meningkatkan kenikmatannya.

7. Mie Titi 

Mie Titi adalah mie khas Labuan Bajo yang terbuat dari bahan dasar tepung sagu. Mie ini memiliki tekstur kenyal dan kuah kaldu yang gurih. Mie Titi biasanya disajikan dengan irisan daging sapi, udang, atau ikan, serta sayuran segar seperti daun bawang dan tauge. Rasakan kelezatan mie Titi yang gurih dan kenikmatan berbagai tekstur bahan pelengkap yang menyertainya. Hidangan ini mampu memberikan pengalaman makan yang unik dan berbeda dari mie-mie pada umumnya.

8. Plecing Kangkung

Plecing kangkung adalah hidangan sayuran khas Labuan Bajo yang tidak boleh dilewatkan. Terbuat dari kangkung yang direbus dan disajikan dengan bumbu kacang pedas yang segar dan lezat. Plecing kangkung biasanya dihidangkan sebagai lauk pendamping nasi. Rasanya yang pedas dan segar sangat menggugah selera, membuat hidangan ini menjadi pilihan yang populer di antara wisatawan dan penduduk setempat.

9. Bubur Kampiun

12 Makanan Khas Labuhan Bajo
12 Makanan Khas Labuhan Bajo

Bubur kampiun adalah hidangan sarapan khas Labuhan Bajo. Terbuat dari beras ketan yang dimasak dalam santan, bubur kampiun memiliki tekstur yang lembut dan kental. Biasanya disajikan dengan irisan pisang, kacang hijau, dan kelapa parut, bubur kampiun memberikan kenikmatan yang lezat dan mengenyangkan di pagi hari.

10. Rujak Cuka

Rujak cuka adalah hidangan penutup yang terkenal di Labuhan Bajo. Terdiri dari campuran buah-buahan segar, seperti mangga, jambu biji, nanas, dan kedondong, yang dilumuri dengan campuran cuka, gula, dan cabai, rujak cuka menawarkan kombinasi rasa manis, asam, dan pedas yang menyegarkan.

11. Jagung Bakar

12 Makanan Khas Labuhan Bajo
12 Makanan Khas Labuhan Bajo

Jagung bakar adalah camilan yang populer di Labuan Bajo. Jagung yang masih muda dibakar di atas bara api hingga kulitnya kecokelatan dan manis. Biasanya, jagung bakar disajikan dengan sambal kacang yang pedas atau keju parut untuk menambah cita rasa. Rasanya yang manis dan gurih membuat jagung bakar menjadi camilan yang sempurna saat menikmati matahari terbenam di pantai Labuan Bajo.

12. Rebok

12 Makanan Khas Labuhan Bajo
12 Makanan Khas Labuhan Bajo

Merupakan makanan khas Labuan Bajo yang dapat dinikmati dengan langsung memakannya atau dengan mencampurnya bersama alpukat dan roti tawar. Makanan khas orang Manggarai ini berada di bagian barat Pulau Flores yang terbuat dari campuran tepung beras dan kelapa parut yang di gongseng. Sehingga makanan ini memiliki citra rasa yang khas dan banyak dijumpai di Labuan Bajo.

 

Itulah deretan makanan khas Labuan Bajo yang dapat Anda cicipi saat berkunjung ke daerah ini. Dengan citarasa yang unik dan khas, hidangan-hidangan ini mampu memanjakan lidah Anda dan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam dan kelezatan kuliner Labuan Bajo. Selamat menikmati!


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353